Wellcome

Wellcome

Rabu, 03 Desember 2014

PROPOSAL EVALUASI UNTUK MEMENUHI TUGAS MATA KULIAH Evaluasi Program PLS

Disusun Oleh: Dea Adelina Damayanti

Latar Belakang Evaluasi Program
            Pendidikan Luar Sekolah merupakan bagian dari jalur pendidikan di Indonesia, yang juga memiliki banyak program demi menunjang mutu daya pendidikan di Indonesia.  Program-program yang ada tentunya memiliki tujuan dari proses pembelajaran yang terjadi di dalamnya.  Untuk mencapai tujuan tersebut, di perlukan evaluasi sebagai proses pengambilan nilai keputusan apakah program yang dijalankan di nilai layak dan memenuhi tujuan dari proses pendidikan.
            Evaluasi program adalah suatu unit atau kesatuan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang merealisasi atau mengimplementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang melibatkan sekelompok orang guna mengambil keputusan.  Evaluasi program berujuan untuk mengetahui pencapaian program yang dilaksanakan.  Selanjutnya, hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya.  Evaluasi juga dapat diartikan sebagai suatu proses penilaian untuk mengambil keputusan yang menggunakan seperangkat hasil pengukurandan berpatokan kepada tujuan yang telah dirumuskan.  Dapat di simpulkan, evaluasi program juga memiliki peranan yang penting dalam berjalannya suatu program pendidikan luar sekolah, karena pendidikan luar sekolah dalam perkembangan dunia modern sudah menjadi bagian terpenting dalam pendidikan baik sebagai pengganti bagi masyarakat yang tidak mendapat kesempatan atau menyeleseikan pendidikan formal, atau sebagai tambahan bagi warga didik yang sengaja menjadikan pendidikan formal sebagai penunjang, penambah, pelengkap dari pendidikan formal yang berfungsi untuk mengembangkan potensi warga belajar.  Satuan program pendidikan luar sekolah yang sering di jadikan sebagai bahan evaluasi adalah pelatihan.
            Pelatihan adalah salah satu usaha dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia.  Westerman dan Donoghue (1992) memberikan pengertian pelatihan sebagai pengembangan secara sistematis pola sikap/pengetahuan/keahlian yang diperlukan oleh seseorang untuk melaksanakan tugas atau pekerjaannya secara memadai.  Banyak contoh kegiatan pelatihan yang kerap diikuti oleh masyarakat dan menjadi suatu kebutuhan yang mulai di minati masyarakat.  Kerap kali pelatihan juga menjadi ajang bagi instansi untuk melakukan program pengabdian atau biasa di sebut Corporate Social Responbility (CSR), salah satunya adalah Indocita Foundation.
            Indocita Foundation adalah sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan.  Indocita didirikan di Malang pada pertengahan tahun 2008, tepatnya tanggal 06 Juni 2008, dan telah mendapatkan ijin dari Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Nomor: 400/25/421.102/2008.  Indocita telah diresmikan menjadi Desa Inggris Singosari oleh Bapak Bupati Malang yaitu Bapak H. Rendra Kresna pada tanggal 15 September 2013.  Pada awal berdirinya, Indocita bergerak dalam pengembangan bahasa khususnya Bahasa Inggris.  Indocita mengumpulkan para anak-anak bangsa yang putus sekolah maupun yang belum mampun menikmati pendidikan tinggi untuk di berikan keterampilan khusus dalam Bahasa Inggris, sehingga mereka mampu menjadi seorang pengajar di bidang pengembangan Bahasa Inggris.  Seiring berjalannya waktu, Indocita mulai mengembangkan program-programnya antara lain : Pelatihan Hypnomatika, Pelatihan Komputer, English Camp, Smart English Private, Pelatihan Volunteer,dan yang terakhir adalah Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”sebagai bentuk program pengabdian kepada masyarakat.
            Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” adalah program CSR dari Indocita Foundation, dimana pelatihan ini mempunyai sasaran yaitu pelajar dan karyawan wilayah Malang yang akan di berikan pelatihan secara gratis guna meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan Bahasa Inggris mereka.  Maka dari itu, perlu adanya tinjauan dan evaluasi khusus untuk program ini karena program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” merupakan program yang sasarannya langsung kepada masyarakat.  Untuk itu perlu di adakan evaluasi guna meninjau kembali apakah tujuan dari dilaksanakannya program sudah terpenuhi atau tidak.

c. Tujuan Evaluasi Program
            Adapun tujuan dari evaluasi program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” antara laim :
1. Meninjau kembali apakah program pelatihan ini berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan awal program yang direncanakan.
2. Mengetahui feedback dan respon yang di berikan oleh warga belajar terhadap program ini.
3. Mengetahui sejauh mana warga belajar dapat menerima materi yang di sampaikan narasumber.



d. Aspek-aspek Yang Dievaluasi
            1. Penyelenggaraan program.
Penyelenggaraan program sangat penting untuk di evaluasi karena dari proses pengevaluasian, akan terlihat apakah program pelatihan ini mencakupi dari tujuan yang di rencanakan, baik dari sasaran peserta didik, tempat, waktu, dan keefektifan dari pelaksanaan program ini.
            2. Narasumber.
                        Narasumber menjadi salah satau aspek yang wajib untuk di evaluasi karena program pelatihan ini berjalan tidaknya juga tergantung pada narasumber.  Hal-hal yang di nilai dari narasumber seperti pengelolaan kelas dan pembawaan materi.
            3. Peserta didik.
                                    Peserta didik menjadi aspek yang harus di evaluasi karena program ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik.  Hal-hal yang harus di evaluasi adalah bagaimana peserta didik mampu menangkap apa yang di sampaikan oleh pemateri dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
            4. Materi
                                    Materi menjadi salah satu aspek yang di evaluasi karena materi juga menentukan bagaimana berhasilnya suatu program.  Program ini di adakan untuk memotivasi para peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan mereka, sehingga materi yang di sampaikan oleh pemateri harus sesuai dengan tujuan dari program pelatihan ini.

d. Metode Evaluasi
            1. Rancangan Evaluasi
Rancangan Evaluasi menggunakan model evaluas orientasi Goal-Free dimana fokus pengevaluasian terletak pada perubahan perilaku yang terjadi sebagai dampak dari program yang diimplementasikan, melihat dampak sampingan baik yang di harapkan maupun yang tidak diharapkan, dan membandingkan sebelum program dilakukan.
Dari orientasi Goal-Free, Program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”,di tinjau dari perubahan perilaku peserta didik dari sebelum proses pembelajaran terjadi lalu di bandingkan dengan perilaku peserta didik setelah proses pembelajaran terjadi.  Pengevaluasian dapat dilakukan dengan mengadakan tes sebelum program mulai, dan melakukan tes kembali setelah program berlsngsung.   Setelah itu akan terlihat bagaimana perubahan perilaku dan pengetahuan peserta didik antara sesudah dan sebelum program berlangsung.

            2. Objek Evaluasi
Objek yang di evaluasi dalam program ini adalah penyelenggaraan program, narasumber, peserta didik, dan materi.
a. Penyelenggaraan program.
Penyelenggaraan program sangat penting untuk di evaluasi karena dari proses pengevaluasian, akan terlihat apakah program pelatihan ini mencakupi dari tujuan yang di rencanakan, baik dari sasaran peserta didik, tempat, waktu, dan keefektifan dari pelaksanaan program ini.
b. Narasumber.
Narasumber menjadi salah satau aspek yang wajib untuk di evaluasi karena program pelatihan ini berjalan tidaknya juga tergantung pada narasumber.  Hal-hal yang di nilai dari narasumber seperti pengelolaan kelas dan pembawaan materi.
c. Peserta didik.
Peserta didik menjadi aspek yang harus di evaluasi karena program ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik.  Hal-hal yang harus di evaluasi adalah bagaimana peserta didik mampu menangkap apa yang di sampaikan oleh pemateri dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

d. Materi
Materi menjadi salah satu aspek yang di evaluasi karena materi juga menentukan bagaimana berhasilnya suatu program.  Program ini di adakan untuk memotivasi para peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan mereka, sehingga materi yang di sampaikan oleh pemateri harus sesuai dengan tujuan dari program pelatihan ini.





            3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi baik kepada narasumber, Volunteer, dan peserta didik.  Selain itu teknik pengumpulan data juga bisa di lakukan dengan membagikan angket yang harus di isi oleh peserta didik untuk mengetahui respon dari para peserta didik tersebut.

            4. Teknik Analisis Data
Teknik analisis data adalah teknik pengumpulan data yang disusun secara sistematis, yang dimana semua telah direncanakan dengan rapi atau bisa di katakan dengan terstruktur.
























Lampiran 1
Profil Program
a.       Judul : PelatihanMotivasiI HAVE A DREAM
b.      LatarBelakang Program :
IndocitaFoundationmerupakanbentukdariLembagaKursusdanPelatihansebagaitempatpembelajaran yang berorientasipadapembedayaandanpengembangansumberdayamanusia yang dibentukuntukmeningkatkanpengetahuandanketerampilandalambidangpendidikanbahasaInggris.IndocitaFoundationmemilikivisi, misi, dantujuanyaituuntukmencerdaskankehidupanbangsamelaluipembelajaranbahasaInggris agar generasimudadapatberkembang di era globalisasi.
Salah satu program yang ada di dalamLembagaKursusdanPelatihan (LKP) IndocitaFoundationadalahpelatihanmotivasiI HAVE A DREAM, dimana program inimerupakanpengabdianlembagaIndocitaFoundation kepadaduniapendidikan di Indonesia danprogram ini dilaksanakan dengan biaya gratis. Program ini adalah program motivasikepadamasyarakatkhususnyauntukpelajar SD, SMP, SMA, dankaryawan di wilayah Malang, dimana Mr. AvinNadhir sebagaipendiriIndocitaFoundationberharapbahwa program pelatihanmotivasiI HAVE A DREAMinibisamengembangkanpengetahuandanpemahamanmasyarakatterhadap Bahasa Inggris.  Selainitu program inibertujuanuntukmerubahpola pikir dalam motivasi belajar agar adapeningkatanmutusumberdayamanusia.

c.       Tujuan
1. Sebagai bentuk pengabdian lembaga Indocita Fondation kepada dunia pendidikan di Indonesia.
2. Sebagai program motivasi yang di berikan secara gratis kepada masyarakat khususnya untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan karyawan.
3. Sebagai program pelatihan motivasi untuk mengembangkan pengetahuan dan masyarakat terhadap Bahasa Inggris.
4. Sebagai program yang bertujuan untuk merubah pola pikir dalam motivasi belajar agar ada peningkatan mutu sumber daya manusia.
5. Membentuk warga belajar yang mampu mengembangkan diri di era globalisasi.

d.      Materi
Materi yang di ajarkan pada program pelatihan ini adalah membangkitkan motivasi para peserta didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka terutama dalam hal Bahasa Inggris, serta kursus singkat menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar.

e.       Peserta/Client
Program ini di berikan kepada masyarakat khususnya untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan karyawan yang berdomisili di wilayah Malang, sebagai bentuk program CSR (Corporate Social Responbility) dari Indocita Foundation.

f.       Narasumber
Narasumber dalam program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” adalah founder sekaligus owner dari Indocita Foundation yaitu Mr. Avin Nadhir, di dampingi dengan volunteer yang sengaja di latih sebagai pengajar dan pembimbing di Indocita Foundation.

g.      Jadwal
Jadwal program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”di sesuaikan dengan waktu para narasumber seperti Mr. Avin Nadhir dan para volunteernya.  Program ini di laksanakan satu bulan sekali sebagai program CSR bulanan oleh Indocita Founda    tion.











h.      Struktur Organisasi

Lampiran 2
Hasil Evaluasi Program
Pelaksaan program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”sebagai program CSR di laksanakan setiap bulannya dengan sasaran yang berbeda.  Program ini adalah program pemberian motivasi untuk meningkatkan motivasi belajar serta kursus singkat bagaimana menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan menyenangkan.
Pertama kali, pemateri akan mengadakan sebuah kontrak kerja belajar antara pemateri dengan peserta didik, agar dalam proses pembelajaran tercipta suasana yang kondusif, tenang, aman dan terhindar darihal-hal ang tidak diinginkan. Adapun kontrak belajar yang diberlakukan dalam program Motivasi “I HAVE A DREAM”adalah sebagai berikut:
1.      Tidak boleh mengaktifkan alat komunikasi pada saat kegiatan berlangsung.
2.      Memusatkan konsentrasi, fokus pada kegiatan dan mengesampingkan segala pikiran di luar kegiatan.
3.      Tidak perlu mencatat hal apapun yang sedang di sampaikan.
4.      Wajib berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung.
5.      Tersenyum dengan hati ikhlas dan riang.
















Dokumentasi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjAC6Qtj4em6qgOYQcZMs8GrDrZX52ofpa1avAXDBLzWILJi9RxRiNWUtH15nGAkbHMN2SmkpLFDAKsKt5jHF7gPcxSOzLa5Hoak1xpTGovaIZ2JAKYlOYvZDn-xjGPChYWZ_7Ebzrjsn5V/s640/upload+2.jpg


https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4-vQxPQ-zHep0AsCSig0Tm5YuV_63q-er_n2ZNTi5lD32TyvjkWOtrCOnJ97wRdblNsGXgtLN9ywZwys_KPEGmCMa1HzDMlyvhv7y2kS6gc26ks3Mi3SWNHoLlh0lPg3LI1SvWOK3z3AT/s640/smp+pandaan.jpg





https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj992HDkSkFSMwhj27okv5VhUuMGeVwOlX-c5Fe39MNzaESX-ECM53egreiN0JTdzAAS-4Qh9u1DRe8xjEyRnNOKrVn-PXEv02XLiGbSe-YetaK2kqs-z3cOIU7QW9Dkg6doAd3CZmiWsCu/s400/upload+7.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEijHTxn_OL9NVUPcwZjQj7t18iSmGoa4kGoX6u57picckqdQUh_madf36GEvQG1q1WpJM4ePafihUPX5PpGfq6biPZuGo5hI_H-6a_3BjbRzi7fV2o30DPe6uI4mL-ujiwxIDj3n1Qr2Ten/s400/upload+9.jpg





No.
Waktu Pelaksanaan
Sasaran
Hasil Evaluasi
Analisis
Tindak Lanjut
1.
13 September 2014
MA 1 An Nuqayah Madura
-          Program berjalan sesuai dengan rencana.
-          Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama kegiatan berlangsung.
-          Feedback yang di berikan peserta cukup baik meskipun tidak 100% peserta memberikan feedback yang sama.
-          Absensi peserta terisi penuh.
-          Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta berperan aktif menjawab pertanyaan.
-          Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-          Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu dan lengkap
a.        Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
b.        Memberikan informasi mengenai program-program yang ada di Indocita Foundation agar pihak sekolah bisa bekerja sama dan mengikuti program lain yang ada.
2.
18 Oktober 2014
SMP Pandaan
-          Program berjalan sesuai dengan rencana.
-          Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama kegiatan berlangsung.

-          Absensi peserta terisi penuh.
-          Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta berperan aktif menjawab pertanyaan.
-          Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-          Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu dan lengkap
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
3.
25 Oktober 2014
MA Darul Karomah Singosari
-          Program berjalan sesuai dengan rencana.
-          Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama kegiatan berlangsung.
-          Peserta didik aktif berbahasa Inggris selama  kegiatan berlangsung.
-          Peserta pelatihan memberikan respon yang baik kepada pemateri setelah kegiatan selesai.
-          Absensi peserta terisi penuh.
-          Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta berperan aktif menjawab pertanyaan.
-          Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-          Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu dan lengkap.
-          Peserta aktif memberikan respon berupa pertanyaan kepada pemateri.
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
4.
1 November 2014
SMK PGRI
-          Program berjalan sesuai dengan rencana.
-          Feedback yang di berikan peserta cukup baik meskipun tidak 100% peserta memberikan feedback yang sama.
-          Absensi peserta tidak terisi penuh.
-          Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta berperan aktif menjawab pertanyaan.
-          Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-          Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu dan lengkap
a.        Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
b.        Memberikan informasi mengenai program-program yang ada di Indocita Foundation agar pihak sekolah bisa bekerja sama dan mengikuti program lain yang ada.
c.        Memberikan penawaran kursus Bahasa Inggris sebagai ekstrakulikuler wajib dengan tenaga pendidik dari Indocita Foundation



-           
-           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar