Disusun Oleh: Dea
Adelina Damayanti
Latar Belakang Evaluasi Program
Pendidikan Luar Sekolah merupakan
bagian dari jalur pendidikan di Indonesia, yang juga memiliki banyak program
demi menunjang mutu daya pendidikan di Indonesia. Program-program yang ada tentunya memiliki
tujuan dari proses pembelajaran yang terjadi di dalamnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, di perlukan
evaluasi sebagai proses pengambilan nilai keputusan apakah program yang dijalankan
di nilai layak dan memenuhi tujuan dari proses pendidikan.
Evaluasi program adalah suatu unit
atau kesatuan kegiatan yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi yang
merealisasi atau mengimplementasi dari suatu kebijakan, berlangsung dalam
proses yang berkesinambungan, dan terjadi dalam suatu organisasi yang
melibatkan sekelompok orang guna mengambil keputusan. Evaluasi program berujuan untuk mengetahui
pencapaian program yang dilaksanakan. Selanjutnya,
hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan
tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Evaluasi juga dapat diartikan sebagai suatu
proses penilaian untuk mengambil keputusan yang menggunakan seperangkat hasil pengukurandan
berpatokan kepada tujuan yang telah dirumuskan.
Dapat di simpulkan, evaluasi program juga memiliki peranan yang penting dalam
berjalannya suatu program pendidikan luar sekolah, karena pendidikan luar
sekolah dalam perkembangan dunia modern sudah menjadi bagian terpenting dalam
pendidikan baik sebagai pengganti bagi masyarakat yang tidak mendapat
kesempatan atau menyeleseikan pendidikan formal, atau sebagai tambahan bagi
warga didik yang sengaja menjadikan pendidikan formal sebagai penunjang,
penambah, pelengkap dari pendidikan formal yang berfungsi untuk mengembangkan
potensi warga belajar. Satuan program
pendidikan luar sekolah yang sering di jadikan sebagai bahan evaluasi adalah
pelatihan.
Pelatihan adalah salah satu usaha
dalam upaya meningkatkan mutu sumber daya manusia. Westerman dan Donoghue (1992) memberikan
pengertian pelatihan sebagai pengembangan secara sistematis pola
sikap/pengetahuan/keahlian yang diperlukan oleh seseorang untuk melaksanakan
tugas atau pekerjaannya secara memadai.
Banyak contoh kegiatan pelatihan yang kerap diikuti oleh masyarakat dan
menjadi suatu kebutuhan yang mulai di minati masyarakat. Kerap kali pelatihan juga menjadi ajang bagi
instansi untuk melakukan program pengabdian atau biasa di sebut Corporate Social Responbility (CSR),
salah satunya adalah Indocita Foundation.
Indocita Foundation adalah sebuah
lembaga yang bergerak dalam bidang pendidikan dan pelatihan. Indocita didirikan di Malang pada pertengahan
tahun 2008, tepatnya tanggal 06 Juni 2008, dan telah mendapatkan ijin dari
Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Nomor: 400/25/421.102/2008. Indocita telah diresmikan menjadi Desa Inggris
Singosari oleh Bapak Bupati Malang yaitu Bapak H. Rendra Kresna pada tanggal 15
September 2013. Pada awal berdirinya,
Indocita bergerak dalam pengembangan bahasa khususnya Bahasa Inggris. Indocita mengumpulkan para anak-anak bangsa
yang putus sekolah maupun yang belum mampun menikmati pendidikan tinggi untuk
di berikan keterampilan khusus dalam Bahasa Inggris, sehingga mereka mampu
menjadi seorang pengajar di bidang pengembangan Bahasa Inggris. Seiring berjalannya waktu, Indocita mulai
mengembangkan program-programnya antara lain : Pelatihan Hypnomatika, Pelatihan
Komputer, English Camp, Smart English
Private, Pelatihan Volunteer,dan yang
terakhir adalah Pelatihan Motivasi “I
HAVE A DREAM”sebagai bentuk program pengabdian kepada masyarakat.
Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” adalah program CSR dari
Indocita Foundation, dimana pelatihan ini mempunyai sasaran yaitu pelajar dan
karyawan wilayah Malang yang akan di berikan pelatihan secara gratis guna
meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan Bahasa Inggris mereka. Maka dari itu, perlu adanya tinjauan dan
evaluasi khusus untuk program ini karena program Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM” merupakan program yang
sasarannya langsung kepada masyarakat.
Untuk itu perlu di adakan evaluasi guna meninjau kembali apakah tujuan
dari dilaksanakannya program sudah terpenuhi atau tidak.
c. Tujuan Evaluasi Program
Adapun tujuan dari evaluasi program
Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”
antara laim :
1. Meninjau kembali apakah program
pelatihan ini berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan awal program yang
direncanakan.
2. Mengetahui feedback dan respon yang di berikan oleh warga belajar terhadap
program ini.
3. Mengetahui sejauh mana warga belajar
dapat menerima materi yang di sampaikan narasumber.
d. Aspek-aspek Yang Dievaluasi
1. Penyelenggaraan program.
Penyelenggaraan program
sangat penting untuk di evaluasi karena dari proses pengevaluasian, akan
terlihat apakah program pelatihan ini mencakupi dari tujuan yang di rencanakan,
baik dari sasaran peserta didik, tempat, waktu, dan keefektifan dari
pelaksanaan program ini.
2. Narasumber.
Narasumber
menjadi salah satau aspek yang wajib untuk di evaluasi karena program pelatihan
ini berjalan tidaknya juga tergantung pada narasumber. Hal-hal yang di nilai dari narasumber seperti
pengelolaan kelas dan pembawaan materi.
3. Peserta didik.
Peserta didik menjadi aspek yang
harus di evaluasi karena program ini dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan para
peserta didik. Hal-hal yang harus di
evaluasi adalah bagaimana peserta didik mampu menangkap apa yang di sampaikan
oleh pemateri dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Materi
Materi menjadi salah satu aspek
yang di evaluasi karena materi juga menentukan bagaimana berhasilnya suatu
program. Program ini di adakan untuk
memotivasi para peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan
mereka, sehingga materi yang di sampaikan oleh pemateri harus sesuai dengan
tujuan dari program pelatihan ini.
d. Metode Evaluasi
1. Rancangan Evaluasi
Rancangan Evaluasi
menggunakan model evaluas orientasi Goal-Free dimana fokus pengevaluasian
terletak pada perubahan perilaku yang terjadi sebagai dampak dari program yang
diimplementasikan, melihat dampak sampingan baik yang di harapkan maupun yang
tidak diharapkan, dan membandingkan sebelum program dilakukan.
Dari orientasi
Goal-Free, Program Pelatihan Motivasi “I
HAVE A DREAM”,di tinjau dari perubahan perilaku peserta didik dari sebelum
proses pembelajaran terjadi lalu di bandingkan dengan perilaku peserta didik
setelah proses pembelajaran terjadi.
Pengevaluasian dapat dilakukan dengan mengadakan tes sebelum program
mulai, dan melakukan tes kembali setelah program berlsngsung. Setelah itu akan terlihat bagaimana
perubahan perilaku dan pengetahuan peserta didik antara sesudah dan sebelum
program berlangsung.
2. Objek Evaluasi
Objek yang di evaluasi
dalam program ini adalah penyelenggaraan program, narasumber, peserta didik,
dan materi.
a. Penyelenggaraan
program.
Penyelenggaraan program
sangat penting untuk di evaluasi karena dari proses pengevaluasian, akan
terlihat apakah program pelatihan ini mencakupi dari tujuan yang di rencanakan,
baik dari sasaran peserta didik, tempat, waktu, dan keefektifan dari
pelaksanaan program ini.
b. Narasumber.
Narasumber menjadi
salah satau aspek yang wajib untuk di evaluasi karena program pelatihan ini
berjalan tidaknya juga tergantung pada narasumber. Hal-hal yang di nilai dari narasumber seperti
pengelolaan kelas dan pembawaan materi.
c. Peserta didik.
Peserta didik menjadi
aspek yang harus di evaluasi karena program ini dilaksanakan untuk memenuhi
kebutuhan para peserta didik. Hal-hal
yang harus di evaluasi adalah bagaimana peserta didik mampu menangkap apa yang
di sampaikan oleh pemateri dan bisa mengaplikasikannya dalam kehidupan
sehari-hari.
d. Materi
Materi menjadi salah
satu aspek yang di evaluasi karena materi juga menentukan bagaimana berhasilnya
suatu program. Program ini di adakan
untuk memotivasi para peserta didik untuk meningkatkan kualitas dan mutu
pendidikan mereka, sehingga materi yang di sampaikan oleh pemateri harus sesuai
dengan tujuan dari program pelatihan ini.
3. Teknik Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data
dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi baik kepada narasumber, Volunteer, dan peserta didik. Selain itu teknik pengumpulan data juga bisa
di lakukan dengan membagikan angket yang harus di isi oleh peserta didik untuk
mengetahui respon dari para peserta didik tersebut.
4. Teknik Analisis Data
Teknik analisis
data adalah teknik pengumpulan data yang disusun secara sistematis, yang dimana
semua telah direncanakan dengan rapi atau bisa di katakan dengan terstruktur.
Lampiran 1
Profil Program
a. Judul
: PelatihanMotivasi“I HAVE A DREAM”
b. LatarBelakang
Program :
IndocitaFoundationmerupakanbentukdariLembagaKursusdanPelatihansebagaitempatpembelajaran
yang berorientasipadapembedayaandanpengembangansumberdayamanusia yang
dibentukuntukmeningkatkanpengetahuandanketerampilandalambidangpendidikanbahasaInggris.IndocitaFoundationmemilikivisi, misi,
dantujuanyaituuntukmencerdaskankehidupanbangsamelaluipembelajaranbahasaInggris
agar generasimudadapatberkembang di era globalisasi.
Salah satu program yang
ada di dalamLembagaKursusdanPelatihan (LKP) IndocitaFoundationadalahpelatihanmotivasi“I
HAVE A DREAM”,
dimana program inimerupakanpengabdianlembagaIndocitaFoundation kepadaduniapendidikan di
Indonesia danprogram ini
dilaksanakan dengan biaya gratis. Program ini adalah program
motivasikepadamasyarakatkhususnyauntukpelajar
SD, SMP, SMA, dankaryawan di wilayah Malang, dimana Mr. AvinNadhir sebagaipendiriIndocitaFoundationberharapbahwa program
pelatihanmotivasi“I HAVE A DREAM”inibisamengembangkanpengetahuandanpemahamanmasyarakatterhadap
Bahasa Inggris. Selainitu program inibertujuanuntukmerubahpola pikir dalam motivasi belajar agar
adapeningkatanmutusumberdayamanusia.
c. Tujuan
1.
Sebagai bentuk pengabdian lembaga Indocita Fondation kepada dunia pendidikan di
Indonesia.
2.
Sebagai program motivasi yang di berikan secara gratis kepada masyarakat
khususnya untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan karyawan.
3.
Sebagai program pelatihan motivasi untuk mengembangkan pengetahuan dan
masyarakat terhadap Bahasa Inggris.
4.
Sebagai program yang bertujuan untuk merubah pola pikir dalam motivasi belajar
agar ada peningkatan mutu sumber daya manusia.
5.
Membentuk warga belajar yang mampu mengembangkan diri di era globalisasi.
d. Materi
Materi yang di
ajarkan pada program pelatihan ini adalah membangkitkan motivasi para peserta
didik untuk meningkatkan kualitas pendidikan mereka terutama dalam hal Bahasa
Inggris, serta kursus singkat menggunakan Bahasa Inggris yang baik dan benar.
e. Peserta/Client
Program ini di
berikan kepada masyarakat khususnya untuk pelajar SD, SMP, SMA, dan karyawan
yang berdomisili di wilayah Malang, sebagai bentuk program CSR (Corporate Social Responbility) dari
Indocita Foundation.
f. Narasumber
Narasumber dalam
program Pelatihan Motivasi “I HAVE A
DREAM” adalah founder sekaligus owner dari Indocita Foundation yaitu Mr.
Avin Nadhir, di dampingi dengan volunteer
yang sengaja di latih sebagai pengajar dan pembimbing di Indocita Foundation.
g. Jadwal
Jadwal program
Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”di
sesuaikan dengan waktu para narasumber seperti Mr. Avin Nadhir dan para volunteernya. Program ini di laksanakan satu bulan sekali
sebagai program CSR bulanan oleh Indocita Founda tion.
h. Struktur Organisasi
Lampiran 2
Hasil Evaluasi Program
Pelaksaan program
Pelatihan Motivasi “I HAVE A DREAM”sebagai
program CSR di laksanakan setiap bulannya dengan sasaran yang berbeda. Program ini adalah program pemberian motivasi
untuk meningkatkan motivasi belajar serta kursus singkat bagaimana menggunakan
Bahasa Inggris yang baik dan menyenangkan.
Pertama kali, pemateri
akan mengadakan sebuah kontrak kerja belajar antara pemateri dengan peserta
didik, agar dalam proses pembelajaran tercipta suasana yang kondusif, tenang,
aman dan terhindar darihal-hal ang tidak diinginkan. Adapun kontrak belajar
yang diberlakukan dalam program Motivasi “I
HAVE A DREAM”adalah sebagai berikut:
1.
Tidak
boleh mengaktifkan alat komunikasi pada saat kegiatan berlangsung.
2.
Memusatkan
konsentrasi, fokus pada kegiatan dan mengesampingkan segala pikiran di luar
kegiatan.
3.
Tidak
perlu mencatat hal apapun yang sedang di sampaikan.
4.
Wajib
berpartisipasi aktif selama kegiatan berlangsung.
5.
Tersenyum
dengan hati ikhlas dan riang.
Dokumentasi
No.
|
Waktu
Pelaksanaan
|
Sasaran
|
Hasil
Evaluasi
|
Analisis
|
Tindak
Lanjut
|
1.
|
13 September 2014
|
MA 1 An Nuqayah Madura
|
-
Program berjalan sesuai dengan rencana.
-
Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama
kegiatan berlangsung.
-
Feedback yang di berikan
peserta cukup baik meskipun tidak 100% peserta memberikan feedback yang sama.
|
-
Absensi peserta terisi penuh.
-
Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta
berperan aktif menjawab pertanyaan.
-
Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-
Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu
dan lengkap
|
a.
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan
pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk
terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan
mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
b.
Memberikan informasi mengenai program-program yang ada
di Indocita Foundation agar pihak sekolah bisa bekerja sama dan mengikuti
program lain yang ada.
|
2.
|
18 Oktober 2014
|
SMP Pandaan
|
-
Program berjalan sesuai dengan rencana.
-
Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama
kegiatan berlangsung.
|
-
Absensi peserta terisi penuh.
-
Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta
berperan aktif menjawab pertanyaan.
-
Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-
Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu
dan lengkap
|
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan
pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk
terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan
mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
|
3.
|
25 Oktober 2014
|
MA Darul Karomah Singosari
|
-
Program berjalan sesuai dengan rencana.
-
Peserta pelatihan Motivasi berperan aktif selama
kegiatan berlangsung.
-
Peserta didik aktif berbahasa Inggris selama kegiatan berlangsung.
-
Peserta pelatihan memberikan respon yang baik kepada
pemateri setelah kegiatan selesai.
|
-
Absensi peserta terisi penuh.
-
Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta
berperan aktif menjawab pertanyaan.
-
Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-
Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu
dan lengkap.
-
Peserta aktif memberikan respon berupa pertanyaan
kepada pemateri.
|
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan
pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk
terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan
mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
|
4.
|
1 November 2014
|
SMK PGRI
|
-
Program berjalan sesuai dengan rencana.
-
Feedback yang di berikan
peserta cukup baik meskipun tidak 100% peserta memberikan feedback yang sama.
|
-
Absensi peserta tidak terisi penuh.
-
Pada saat pemateri memberikan pertanyaan, peserta
berperan aktif menjawab pertanyaan.
-
Peserta mengikuti dengan baik segala intruksi pemateri.
-
Pengumpulan tugas yang di berikan pemateri tepat waktu
dan lengkap
|
a.
Bekerja sama dengan pihak sekolah untuk melakukan
pengawasan dan keberlanjutan program, khususnya dari pihak sekolah untuk
terus memantau peserta didik aktif dalam segala kegiatan pembelajaran dan
mulai menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasi sehari-hari.
b.
Memberikan informasi mengenai program-program yang ada
di Indocita Foundation agar pihak sekolah bisa bekerja sama dan mengikuti
program lain yang ada.
c.
Memberikan penawaran kursus Bahasa Inggris sebagai
ekstrakulikuler wajib dengan tenaga pendidik dari Indocita Foundation
|
|
|
|
-
|
-
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar