Wellcome

Wellcome

Rabu, 03 Desember 2014

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN PETERNAKAN DI UPT PK PPTKLN WONOJATI- MALANG

Oleh: Iftitah Amadea Fahrudi

BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Balai Latihan Kerja Wonojati atau disingkat BLK Wonojati merupakan salah satu atau juga bisa dikatakan satu-satunnya Balai Latihan kerja yang bergerak di bidang pertanian di Malang Raya ini. Sesuai Perda Prov. Jawa Timur No. 35 Tahun 2000 dan YOSK Gubernur Jawa Timur No. 22 Tahun 2008 Tupoksi UPT Disnakertransduk Prov Jawa Timur adalah “menyelenggarakan dan mengembangkan program pelatihan dan jasa tenaga kerja serta uji kompetensi untuk penempatan dan usaha mandiri. Sumber dana di BLK ini berasal dari pemerintah baik APBN maupun APBD, juga selain itu swadana dari peserta pelatihan.
 Di lembaga ini terdapat beberapa program yang dijalankan, program-program tersebut mereka biasa menyebutnya dengan kejuruan, di antarannya ada Kejuruan Pertanian, Kejuruan Peternakan, Kejuruan Perikanan, Kejuruan Mekanisasi Pertanian, dan juga Kejuruan Processing (Pengolahan Hasil Pertanian). Program pelatihan peternakan merupakan salah satu kejuruan yang terdapat di UPT PK PPTKLN Wonojati kabupaten Malang tersebut.  Di kejuruan ini peserta didik diajarkan agar mampu menternakan ayam, kambing / domba, sapi, itik, kelinci, serta mampu mengembangkan teknologi pakan ternak.
Di tengah krisis ekonomi seperti sekarang, lembaga pelatihan ketrampilan barangkali harus lebih dikedepankan. Kegiatan pelatihan bukan hanya memberi harapan pada anak putus sekolah yang sulit mencari kerja tetapi juga memberikan jalan bagi banyaknya jumlah pengangguran. Di tangan para pengelolanya, lembaga pelatihan ini bisa bergerak cepat mengikuti irama perkembangan dan tuntutan yang terjadi di masyarakat. Begitu cepatnya antisipasi yang dilakukan para penyelenggara pelatihan atas tuntutan masyarakat, sistem pendidikan di Indonesia itu kini telah tumbuh menjadi sebuah bidang usaha yang nyaris tanpa batas dan menjanjikan.
Tidak sedikit suatu perusahaan dan orang-orang berkompeten bercikal bakal dari pelatihan. Harapan dari lembaga, dapat mengurangi angka pengangguran dan menumbuhkan minat masyarakat pada bidang pertanian karena bidang ini memiliki prospek kerja yang cukup bagus, serta menyalurkan masyarakat dapat memasuki suatu perusahaan.
Oleh karena itulah maka proses evaluasi perlu dilakukan agar program pelatihan pengolahan hasil pertanian dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya. Selain itu juga  dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki sehingga untuk kedepannya program PHP berjalan dengan lancer dan lebih baik lagi.
B.     Tujuan Evaluasi
            Tujuan diadakannya evaluasi adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program pelatihan di UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang. Selain itu untuk mengetahui tingkat partisipasi masyarakat dalam mengikuti pelatihan.
C.     Aspek-Aspek yang Dievaluasi
Dalam evaluasi program Pengolahan Hasil Pertanian ini, aspek-aspek yang perlu dievaluasi diantarannya:
-          UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang memiliki beberapa program pelatihan, meliputi: kejuruan pertanian, kejuruan peternakan, kejuruan perikanan, kejuruan mekanisasi pertanian, kejuruan processing (pengolahan hasil pertanian), dan kejuruan perhotelan.
-          Kurikulum dan materi yang digunakan setiap program berbeda-beda yang dibuat langsung dari pemerintah, dan juga dibuat sendiri oleh lembaga setelah melihat kebutuhan masyarakat.
-          Jenis pelatihan terdiri dari: pelatihan institusional, teori dan praktek pelatihan yang dilaksanakan di UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang dan pelatihan non institusional atau pelatihan Mobile Training Unit (MTU) pelatihan yang dilaksanakan secara mobile / keliling sesuai kebutuhan peserta maupun lembaga. Biasanya dilakukan di daerah-daerah dimana dari pihak peserta yang menyediakan sarana dan prasarananya sedangkan dari lembaga hanya membawa bahan untuk proses pelatihan.
-          Sumber dana untuk menunjang pelaksanaan pelatihan diperoleh dari APBN maupun APBD, pihak III / swadana, sumber dana dibedakan kepada pengguna pelatihan bisa dari peserta atau lembaga pengusul.
-          Syarat peserta untuk mengikuti pelatihan berusia minimal 17 tahun, pendidikan minimal SMP, mengisi formulir pendaftaran, dan lulus tes seleksi.
-          Masyarakat mengetahui UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang melalui publikasi dari brosur, penyuluhan dan pemasaran yang dilakukan oleh lembaga sendiri.
-          Sarana dan prasarana yang disiapkan oleh lembaga sudah sangat lengkap dan memadai sehingga masyarakat hanya tinggal datang dan melakukan proses pembelajaran.
-          Penyampaian materi dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman di bidang sesuai dengan program yang ada.
-          Pemahaman warga belajar terhadap materi dapat diketahui setelah dilakukan evaluasi.















BAB II
METODE EVALUASI
A.    Rancangan evaluasi
Evaluasi dilakukan dengan cara mewawancarai pihak lembaga UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang untuk memperoleh informasi mengenai program apa saja yang ada di dalam lembaga tersebut dan melihat hasil evaluasi dari lembaga terhadap masyarakat setelah mendapat teori dan praktek pelatihan.
B.     Populasi dan Sample
  1. Populasi
Populasi pada evaluasi program peternakan adalah semua orang yang terlibat dalam pelaksanaan program
  1. Sample
Sample yang dipakai untuk melaksanakan evaluasi proses yaitu sejumlah warga belajar dan beberapa instruktur yang diambil dari populasi secara acak tanpa melihat tingktan-tingkatan tertentu.
C.     Teknik Pengumpulan Data
Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, dan meminta data-data serta laporan dari pelaksanaan program pelatihan yang sudah berlangsung. Selanjutnya peneliti mengevaluasi program tersebut apakah berjalan sesuai tujuan dan bagaimana minat masyarakat terhadap program pelatihan tersebut.
D.    Teknik Analisis Data
Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data, mengolah data mentah menjadi wujud sajian data yang siap ditafsirkan, terakhir mendeskripsikan data yang telah diperoleh..
                                  
E.     Pengembangan istrument
Istrument yang digunakan dalam evaluasi program pelatihan peternakan ini adalah dengan menggunakan test, pedoman wawancara, dan angket.
Test diberikan kepada warga belajar yang isinya berupa pertannyaan-pertanyaan seputar materi yang telah mereka terima. Test ini gunannya adalah untuk mengukur sejauh mana warga beajar memahami materi yang disampaikan. Tes ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu test tulis dan test praktik.
Instrument kedua yang digunakan dalam evaluasi ini adalah pedoman wawancara. Wawancara akan dilaukan kepada kepala/pimpinan program pelatihan peternakan dan juga instruktur untuk mendapatkan informasi seputar program yang ini, yang meliputi isi materi yang diberikan, strategi pembelajaran, dan juga kendala-kendala yang dihadapi.
Instrument terakhir yang digunakan untuk evaluasi adalah dengan menyebarkan angket kepada warga belajar. Penyebaran angket ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana penilaian terhadap program pelatihan peternakan ini menurut sudut pandang warga belajar. Dari jawaban-jawaban yang diisikan pada angket, hasilnya akan disimpulkan oleh evaluator. Angket akan berisi pertannyaan-pertannyaan seputar fasilitas yang disediakan oleh lembaga untuk menunjang proses pembelajaran program pelatihan peternakan, kesiapan materi, dan lainnya yang menyangkut tentang program.













LAMPIRAN-LAMPIRAN

(Lampiran 1)
PROFIL PROGRAM ISTITUSIONAL KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PHP)
  1. Latar Belakang
Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja merupakan masalah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah penganggur terbesaryang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun di luar negeri dan peluang untuk usaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  1. Tujuan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan di bidang peternakan, sedangkan tujuan dari peletihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan.
  1. Materi
a.      Kelompok Unit Kompetensi Umum
1.      Fisik Mental Disiplin (FMD)
2.      Ketenagakerjaan
3.      Kewirausahaan
4.      Budaya kerja
b.      Kelompok Unit Kompetensi Inti
1.      Melakukan pemilihan bibit ternak
2.      Melakukan tatalaksana perkandangan
3.      Melakukan penyusunan ransum pakan ternak
4.      Melakukan pemeliharaan dan perawatan
5.      Melakukan pencegahan hama dan penyakit
6.      Melakukan penanganan limbah
  1. Pesera/ Client
Peserta pelatihan berjumlah 16 orang setelah melaui seleksi tes terlabih dahulu.
  1. Narasumber
Narasumber dalam program peatihan ini dilakukan oleh tenaga instruktur/ pengajar berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati.
  1. Jadwal
Pelaksanaan pelatihan berlangsung selama 240 jam dengan pertemuan yang dilakukan setiap hari.
  1. Struktur Organisasi
 










LAPORAN
PELAKSANAAN PELATIHAN PETERNAKAN
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI - MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013



INSTRUKTUR :
1.      Anton Waskito, STP                           NIP. 19630506 198603 2 008
2.      Supardi Sugianto,SE,STP,M.Agr       NIP. 19620307 198603 2 004

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
Jl. Raya Mondoroko No. 1 Telp. (0341) 458951 Fax. (0341) 456395
SINGOSARI – MALANG 65153
LAPORAN HASIL KEGIATAN PELATIHAN KETERAMPILAN

A.    DASAR :
1.      SK Penyelenggara Latihan     : No. 188/62/D/106.23/2013 TGL. 18-01-2013
2.      BA. Penutupan Latihan          : No. 188/112/D/106.23/2013 TGL. 03-03-2013
B.     PROGRAM LATIHAN :
1.      Kejuruan                     : PETERNAKAN
2.      Jenis Latihan               : INSTITUSIONAL BERBASIS KOMPETENSI
3.      Tempat Latihan           : UPT. PKPPTKLN WONOJATI
4.      Anggaran                    : APBD TAHUN 2013
5.      Waktu Latihan                        : 18 JANUARI s/d 03 MARET 2013
6.      Jumlah Jam Latih        : 240 JAM LATIH
C.     PESERTA LATIHAN :
Jumlah peserta latihan sebanyak 16 orang yang terdiri dari 14 laki-laki dan 2 perempuan dengan rincian sebagai berikut :
-       SLTP    : 1 Orang                                                         SLTP               : - Orang
-       SLTA    : 3 Orang                                                         SLTA              : - Orang
-       S-1        : 8 Orang                                                         S-1                   :2Orang                     
D.    TENAGA PENGAJAR/PELATIH :
Terdiri dari :
1.      Anton Waskito, STP                           dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
2.      Supardi Sugianto,SE,STP,M.AGR     dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
E.     KEHADIRAN DAN EVALUASI PESERTA :
1.      Selama mengikuti pelatihan, para peserta telah hadir 100%
2.      Evaluasi dilaksanakan pada tanggal 04 Maret 2013
3.      Yang dinyatakan lulus sebanyak 16 orang (peserta lulus keseluruhan)
4.      Predikat : (1) Sunandar                                   sangat baik/baik/cukup/sedang
                (2) Bambang Sugeng                                  “
                (3) Sunandar                                               “
                 a. Sangat Baik        : - Orang
b. Baik                    : 16 Orang
c. Cukup                 : - Orang
d. Sedang               : - Orang
e. Kurang    : - Orang
F.      BAHAN DAN HASIL LATIHAN
1.      Bahan latihan yang digunakan telah habis (keadaan bahan habis, dibuat berita acara)
2.      Hasila laporan (tercantum dalam lampiran BA)
G.    HAMBATAN-HAMBATAN      : - Pelatihan berjalan dengan baik, lancar tanpa                                                           ada hambatan
PEMECAHAN                             : (MENYESUAIKAN KONDISI)



















LAPORAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM INSTITUSIONAL KEJURUAN PETERNAKAN
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI-MALANG

1.      Latar Belakang Program
Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja merupakan masalah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah penganggur terbesar yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun di luar negeri dan peluang untuk usaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

2.      Tugas Pokok dan Fungsi UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang
UPT Pelatihan Kerja mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas dalam pelatihan keterampilan, pengetahuan, dan ketatausahaan serta pelayanan masyarakat. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, UPT Pelatihan Kerja mempunyai fungsi :
a.       Penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan pelatihan serta kerjasama pelatihan
b.      Pelayanan dan penyebar luasan informasi bidang pelatihan
c.       Penyiapan metode, kurikulum, jadwal, dan alat peraga pelatihan
d.      Pelaksanaan pemasaran program pelatihan hasil produksi dan jasa
e.       Pelaksanaan pelatihan dan uji keterampilan/kompetensi dan sertifikat tenaga kerja
f.       Pendayagunaan fasilitas pelatihan
g.      Pelaksanaan ketatausahaan dan pelayanan masyarakat

3.      Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan di bidang peternakan, sedangkan tujuan dari peletihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan.

4.      Dasar Pelaksanaan Kegiatan
Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan program Institusional tersebut di atas berdasarkan :
a.       Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/62/D/106.23/2013 tanggal 18 Januari 2013 tentang Penyelenggaraan Institusional Kejuruan Peternakan
b.      Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/112/D/106.23/2013 tanggal 03 Maret 2013 tentang Penutupan Pelatihan Institusional Kejuruan Peternakan I

5.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan Program Institusional Kejuruan Peternakan dilaksanakan mulai tanggal 18 Januari 2013 dan berakhir pada tanggal 03 Maret 2013.

6.      Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan berjumlah 16 orang.

7.      Tenaga Instruktur/Pengajar
Tenaga instruktur/pengajar berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati

8.      Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan program Institusional Kejuruan Peternakan di Unit Pelaksanaan Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini dilihat dari antusias peserta selama pelatihan dan kehadiran peserta.




9.      Penutup
Demikian Laporan ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.



Malang, 02 Maret 2013
Kepala Unit Pelaksana Teknis
Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan
Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati



Drs. SUHARTYO, MM
                 Pembina Tk. I
      NIP. 19630104 198203 1 002














SURAT KEPUTUSAN
KEPALA UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
NOMOR : 188 / 62 / D / 106.23 / 2013
TANGGAL    : 18 JANUARI 2013
TENTANG
PENYELENGGARAAN PELATIHAN INSTITUSIONAL
KEJURUAN PETERNAKAN
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

MENIMBANG:
  1. Bahwa dalam rangka penyiapan tenaga kerja terampil dan kompeten dibidang peternakan sesuai kebutuhan pasar kerja
  2. Bahwa untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di kota, kabupaten malang dan sekitarnya.
MENGINGAT:
  1. Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan
  2. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 tentang dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan
4.      Keputusan Presiden Nomor 42 tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
5.      Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.05/MEN/IV/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : PER.14/MEN/VIII/2008
6.      Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.26/MEN/XII/2008 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Negara Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian
7.      Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor: PER.24/PB/2006 tentang Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian Negarao/Lembaga
8.      Peraturan Daerah Nomor 39 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Daerah Provinsi Jawa Timur
9.      Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 84 tahun 2008 tentang Uraian Tugas Sekretariat, Bidang, Sub Bagian dan Seksi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
10.  Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 122 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
11.  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 tanggal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013 Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP)

MEMUTUSKAN
MENETAPKAN
PERTAMA     : Menyelenggarakan Pelatihan Institusional Kejuruan Peternakan                               diselenggarakan mulai tanggal 18 Januari 2013 sampai dengan tanggal                         03 Maret 2013 di UPT PK PPTKLN WONOJATI
KEDUA          : Peserta pelatihan sebanyak 16 orang selama 240 jam latih @ 45 menit
KETIGA         : Mata latihan yang diberikan :
c.       Kelompok Unit Kompetensi Umum
5.      Fisik Mental Disiplin (FMD)
6.      Ketenagakerjaan
7.      Kewirausahaan
8.      Budaya kerja
d.      Kelompok Unit Kompetensi Inti
7.      Melakukan pemilihan bibit ternak
8.      Melakukan tatalaksana perkandangan
9.      Melakukan penyusunan ransum pakan ternak
10.  Melakukan pemeliharaan dan perawatan
11.  Melakukan pencegahan hama dan penyakit
12.  Melakukan penanganan limbah
KEEMPAT        : Membebankan segala biaya pelaksanaan pelatihan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2013 tangal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013
KELIMA           : Peserta yang lulus pada kegiatan pelatihan akan memperoleh sertifikat
KEENAM          : Keputusan ini berlaku sejak tanggal yang ditetapkan sampai dengan latihan selesai dan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan/kesoalahan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

DITETAPKAN DI MALANG
PADA TANGGAL 17 JANUARI 2013


Drs. SUHARTYO, MM
Pembina Tk.1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
1.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
2.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
3.      Arsip































SURAT KEPUTUSAN
KEPALA UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
No. 188/112/D/106.23/2013
Tanggal: 03 Maret 2013
TENTANG
PENYELENGGARAAN PELATIHAN INSTITUSIONAL
KEJURUAN PETERNAKAN
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

MENIMBANG :
  1. Sehubungan dengan berakhirnya pelatihan Institusional Kejuruan Peternakan tahun 2013 yang diselenggarakan dari tanggal 18 Januari s.d tanggal 03 Maret 2013 di UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
  2. Telah diselenggarakan ujian Evaluasi pada tangal 04 Maret 2013
MENGINGAT :
Keputusan Kepala UPT Pelatihan Kerja PPTKLN Wonojati Nomor 188 / 62/ D / 106.23 / 2013 tanggal 18 Januari 2013
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN:
PERTAMA     : Terhitung mulai tanggal 03 Januari 2013 Pelatihan Institusional                               Kejuruan Peternakan di UPT PK PPTKLN WONOJATI telah berakhir                        dan ditutup dengan hasil seperti yang tercantum daftar lampiran                                 keputusan ini
KEDUA          : Mencabut keputusan Kepala UPT PKPPTKLN WONOJOATI Nomor                 188/62/D/106.23/2013 tanggal 18 Januari 2013 mengenai                                         Penyelenggaraan Pelatihan Instituosional Kejuruan Peternakan di UPT               PK PPTKLN WONOJATI.
KETIGA         : Apabila dikemudian hari ternyata mendapat kekeliruan/kesalahan akan                 diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

          DITETAPKAN DI MALANG
        PADA TANGGAL 03 MARET 2013
KEPADA UPT PK PPTKLN WONOJATI

Drs. SUHARTOYO, MM.
Pembina Tk. 1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
1.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
2.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
3.      Arsip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar