Wellcome

Wellcome

Rabu, 03 Desember 2014

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN INSTITUSIONAL PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PHP) DI UPT PK PPTKLN WONOJATI- MALANG

Oleh: Luvia Irmadiana

BAB 1
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Balai Latihan Kerja Wonojati atau disingkat BLK Wonojati merupakan salah satu atau juga bisa dikatakan satu-satunnya Balai Latihan kerja yang bergerak di bidang pertanian di Malang Raya ini. Sesuai Perda Prov. Jawa Timur No. 35 Tahun 2000 dan YOSK Gubernur Jawa Timur No. 22 Tahun 2008 Tupoksi UPT Disnakertransduk Prov Jawa Timur adalah “menyelenggarakan dan mengembangkan program pelatihan dan jasa tenaga kerja serta uji kompetensi untuk penempatan dan usaha mandiri. Sumber dana di BLK ini berasal dari pemerintah baik APBN maupun APBD, juga selain itu swadana dari peserta pelatihan.
 Di lembaga ini terdapat beberapa program yang dijalankan, program-program tersebut mereka biasa menyebutnya dengan kejuruan, di antarannya ada Kejuruan Pertanian, Kejuruan Peternakan, Kejuruan Perikanan, Kejuruan Mekanisasi Pertanian, dan juga Kejuruan Processing (Pengolahan Hasil Pertanian). Program pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian merupakan salah satu kejuruan yang terdapat di UPT PK PPTKLN Wonojati kabupaten Malang tersebut.  Di kejuruan ini peserta didik diajarkan untuk mengolah hasil-hasil pertanian seperti misalnya buah, sayur, dan sebagainnya menjadi makanan atau minuman ringan seperti misalnya kripik, manisan, aneka kue, roti, dll.
peserta didiknya bermacam-macam umur, akan tetapi kebanyakan adalah orang yang sudah cukup tua, dan untuk kejuruan pengolahan hasil pertanian ini kebanyakan dari warga belajarnya adalah wanita. PHP ini juga merupakan kejuruan yang memiliki peminat yang banyak dibandingkan dengan kejuruan yang lain oleh karena itu tentunnya lembaga juga memiliki hambatan-hambatan dalam menjalankan program ini. Salah satunnya adalah daya tampung yang terbatas dan juga sering terhambatnya dana yang turun dari pemerintah.
Oleh karena itulah maka proses evaluasi perlu dilakukan agar program pelatihan pengolahan hasil pertanian dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuannya. Selain itu juga  dapat mengetahui apa yang perlu diperbaiki sehingga untuk kedepannya program PHP berjalan dengan lancer dan lebih baik lagi.
B.     Tujuan Evaluasi
  1. Tujuan Umum
Melalui evaluasi terhadap program Pengolahan Hasil pertanian ini diharapkan program tersebut kedepannya akan berjalan dengan lebih baik lagi
  1. Tujuan Khusus
a.       Lembaga yang membuat program tersebut megetahui apa saja yang perlu diperbaiki dalam menjalankan program tersebut
b.      Pelaksanaan program pelatihan PHP tersebut bejalan sesuai dengan tujuan dilaksanakannya program

C.     Aspek-Aspek yang Dievaluasi
Dalam evaluasi program Pengolahan Hasil Pertanian ini, aspek-aspek yang perlu dievaluasi diantarannya:
  1. Alat dan sarana yang digunakan. Dilihat apakah alat dan sarana yang digunakan untuk menunjang pembelajaran lengkap atau tidak, masih layak dipakai atau harus diganti dengan yang baru.
  2. Metode pembelajaran yang digunakan apakah dapat membuat peserta didik/warga belajar dapat dengan mudah menyerap ilmu yang disampaikan.
  3. Materi yang disampaikan dapat menunjang untuk mencapai tujuan diadakannya program terebut atau masih melenceng.
  4. Tenaga pendidiknya memenuhi standart untuk menjadi seorang instruktur dalam pelatihan program tersebut atau tidak.
  5. Seberapa jauh warga belajar memahami materi, baik yang disampaikan secara teoritik maupun praktek dengan menggnakan test tulis dan praktek langsung.


BAB II
METODE EVALUASI
A.    Rancangan evaluasi
Evaluasi merupakan cara untuk megetahui apakah program yang sedang berlangsung mencapai tujuan atau tidak. Dengan diadakanya evaluasi diharapkan mampu membuat program menjadi lebih baik lagi.
Evaluasi untuk program pengolahan hasil pertanian dilakukan dengan cara mengamati, mewawancarai, dan pengisian angket oleh warga belajar. Untuk cara evaluasi dengan pengamatan ini dilakukan saat proses pemblajaran sedang berlangsung yaitu evaluator ikut dalam kegiatan pembelajaran yang sedang berlangsung dan mengamati jalannya pembelajaran. Selain itu juga mengamati fasilitas-fasilitas penunjang yang ada. Untuk cara evaluasi dengan wawancara, dilakukan tanya jawab evaluator dengan orang yang terlibat di dalam pelaksanaan program tersebut, ketua pelaksana program, instruktur, dan juga warga belajarnya. Dan untuk cara evaluasi dengan angket ini dikhususkan untuk diisi oleh warga belajarnya saja.
B.     Populasi dan Sample
  1. Populasi
Populasi pada evaluasi program PHP adalah seluruh peserta program pelatihan PHP, untuk mengetahui tingkat keberhasilan program dalam mencapai tujuan.
  1. Sample
Sample yang dipakai untuk melaksanakan evaluasi proses yaitu sejumlah warga belajar dan beberapa instruktur yang diambil dari populasi secara acak tanpa melihat tingktan-tingkatan tertentu.
C.     Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data guna kebutuhan evaluasi adalah dengan cara penybaran angket kepada warga belajar program PHP. Di dalam angket aka nada pertannyaan-pertannyaan yang harus diisi oleh warga belajar yang isinya seputar alat dan sarana, materi, cara pengajaran di dalam program PHP.
Sedangkan untuk mengetahui sejauh mana warga belajar memahami materi yang disampaikan, akan menggunakan test sederhana yang isinyapertanyaan-pertanyaan seputar materi yang selama ini telah disampaikan oleh instruktur pelatihan mereka. Nantinya akan ada juga wawancara kepada kepala program Pengolahan Hasil Pertanian dan instruktur terkait dengan hambatan-hambatan yang terjadi dan juga strategi penyampaian materi agar mudah diterima dan dipahami oleh warga belajar.
D.     Teknik Analisis Data
Analisis data yang digunakan dalam evaluasi ini adalah analisis data kualiatif dengan pendekatan studi kasus, dimana analisis data ini terdiiri dari Interpretasi langsung yaitu evaluator menganalisis setiap data yang terkumpul untuk memperoleh makna yang lebih mendalam, dan Agregasi katagorial yaitu evaluator mengumpulkan data untuk mencari  makna yang relevan dengan permasalahan yang muncul melalui data yang diperoleh dari lapangan termasuk penggunaan instrumen pengumpulan data, kemudian oleh evaluator menyeleksi data guna mendapatkan data yang sesuai dengan pokok evaluasi yang dikaji.

E.      Pengembangan istrument
Istrument yang digunakan dalam evaluasi program PHP ini adalah dengan menggunakan test, pedoman wawancara, dan angket.
Test diberikan kepada warga belajar yang isinya berupa pertannyaan-pertanyaan seputar materi yang telah mereka terima. Test ini gunannya adalah untuk mengukur sejauh mana warga beajar memahami materi yang disampaikan. Tes ini terbagi menjadi dua jenis, yaitu test tulis dan test praktik.
Instrument kedua yang digunakan dalam evaluasi ini adalah pedoman wawancara. Wawancara akan dilaukan kepada kepala/pimpinan program PHP dan juga instruktur untuk mendapatkan informasi seputar program yang ini, yang meliputi isi materi yang diberikan, strategi pembelajaran, dan juga kendala-kendala yang dihadapi.
Instrument terakhir yang digunakan untuk evaluasi adalah dengan menyebarkan angket kepada warga belajar. Penyebaran angket ini dimaksudkan untuk melihat bagaimana penilaian terhadap program PHP ini menurut sudut pandang warga belajar. Dari jawaban-jawaban yang diisikan pada angket, hasilnya akan disimpulkan oleh evaluator. Angket akan berisi pertannyaan-pertannyaan seputar fasilitas yang disediakan oleh lembaga untuk menunjang proses pembelajaran program PHP, kesiapan materi, dan lainnya yang menyangkut tentang program.
























LAMPIRAN-LAMPIRAN

(Lampiran 1)
PROFIL PROGRAM ISTITUSIONAL KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PHP)
  1. Latar Belakang
Rendahnya kualitas an produktifitas tenaga kerja merupakan maslah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekoah dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah penganggur terbesar yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik didalam maupun di luar negeri dan peluang untuk uaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tnggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui elatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.
  1. Tujuan
Pelaksananaan program pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan dibidang Pengolahan Hasil Pertanian (PHP). Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan.

  1. Materi
No
Materi
Jam Latih
I
KELOMPOK DASAR
1
Fisik Mental Disiplin
10 jam latih
2
Ketenagakerjaan
2 jam latih
3
Kewirausahaan
2 jam latih
4
Budaya kerja
2 jam latih
II
KELOMPOK UMUM

1
Menerapkan system prosedur keselamatan dan kesehatan (K3)
4 jam latih
2
Mengimplementasikan prosedur praktik berproduksi yang baik (GMP)
16 jam latih
III
KELOMPOK INTI


Melakukan proses pembuatan roti
92 jam latih

Melakukan proses olahan kedelai
48 jam latih

Melakukan proses olahan buah
32 jam latih

Melakukan proses olahan kripik
32 jam latih
IV
EVALUASI
-

JUMLAH
240 jam latih

  1. Pesera/ Client
Peserta pelatihan berjumlah 16 orang.
  1. Narasumber
Narasumber dalam program peatihan ini dilakukan oleh tenaga instruktur/ pengajar berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati.
  1. Jadwal
Kegiatan pelatihan dilakukan setiap Hari Senin sampai dengan Hari Jum’at. Proses belajar mengajar dimulai pada pagi hai jam 8 dan diakhiri pada jam 3 sore.




  1. Struktur Organisasi
 






















LAPORAN
PELAKSANAAN PELATIHAN INSTITUSIONAL
KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (P H P) 1
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI - MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013



INSTRUKTUR :
1.      Tri Whyuni, STP                                   NIP. 19620417 198603 2 009
2.      Erni Zulfiati,SE,STP,M.Agr                   NIP. 19670626 198603 2 003

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
Jl. Raya Mondoroko No. 1 Telp. (0341) 458951 Fax. (0341) 456395
SINGOSARI – MALANG 65153
LAPORAN HASIL KEGIATAN PELATIHAN KETERAMPILAN

A.     DASAR :
1.      SK Penyelenggara Latihan        : No. 188/60/D/106.23/2013 TGL. 19-03-2013
2.      BA. Penutupan Latihan : No. 188/110/D/106.23/2013 TGL. 04-05-2013
B.     PROGRAM LATIHAN :
1.      Kejuruan                      : PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN I
2.      Jenis Latihan                 : INSTITUSIONAL BERBASIS KOMPETENSI
3.      Tempat Latihan : UPT. PKPPTKLN WONOJATI
4.      Anggaran                      : APBD TAHUN 2013
5.      Waktu Latihan              : 19 MARET s/d 04 MEI 2013
6.      Jumlah Jam Latih          : 240 JAM LATIH
C.     PESERTA LATIHAN :
Jumlah peserta latihan sebanyak 16 orang yang terdiri dari 2 laki-laki dan 14 perempuan dengan rincian sebagai berikut :
-       SLTP     : 1 Orang                                                          SLTP               :3 Orang
-       SLTA    : - Orang                                                          SLTA               :8 Orang
-       S-1        : 1 Orang                                                          S-1                  :1Orang                       
D.     TENAGA PENGAJAR/PELATIH :
Terdiri dari :
1.      TRI WHYUNI, STP                            dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
2.      ERNI ZULFIATI,SE,STP,M.AGR      dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
E.      KEHADIRAN DAN EVALUASI PESERTA :
1.      Selama mengikuti pelatihan, para peserta telah hadir 100%
2.      Evaluasi dilaksanakan pada tanggal 4 Mei 2013
3.      Yang dinyatakan lulus sebanyak 16 orang (peserta lulus keseluruhan)
4.      Predikat : (1) Sukasih                           sangat baik/baik/cukup/sedang
                (2) Aning Trisnawati                         “
                (3) Arief Bachtiar                                          “
                 a. Sangat Baik         : - Orang
b. Baik                     : 16 Orang
c. Cukup                  : - Orang
d. Sedang    : - Orang
e. Kurang     : - Orang
F.      BAHAN DAN HASIL LATIHAN
1.      Bahan latihan yang digunakan telah habis (keadaan bahan habis, dibuat berita acara)
2.      Hasila laporan (tercantum dalam lampiran BA)
G.     HAMBATAN-HAMBATAN        : - Pelatihan berjalan dengan baik, lancar tanpa                                                         ada hambatan
PEMECAHAN                              : (MENYESUAIKAN KONDISI)



















LAPORAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM INSTITUSIONAL (MTU)
KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN
DI DESA SUMBERREJO KEC. BUMIAJI KOTA BATU
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

1.      Latar Belakang Program
Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga erja merupakan masalah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekolh dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah pengangguran terbesar yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun diluar negeri dan peluang untuk usaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

2.      Tugas Pokok dan Fungsi UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang
UPT Pelatihan Kerja mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas dalam pelatihan keterampilan, pengetahuan, dan ketatausahaan serta pelayanan masyarakat. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, UPT Pelatihan Kerja mempunyai fungsi :
a.       Penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan pelatihan serta kerjasama pelatihan
b.      Pelayanan dan penyebar luasan informasi bidang pelatihan
c.       Penyiapan metode, kurikulum, jadwal, dan alat peraga pelatihan
d.      Pelaksanaan pemasaran program pelatihan hasil produksi dan jasa
e.       Pelaksanaan pelatihan dan uji keterampilan/kompetensi dan sertifikat tenaga kerja
f.        Pendayagunaan fasilitas pelatihan
g.       Pelaksanaan ketatausahaan dan pelayanan masyarakat

3.      Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk memberikan keterampilan dibidang pengolahan hasil pertanian (PHP) I. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan.

4.      Dasar Pelaksanaan Kegiatan
Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan program Institusional tersebut di atas berdasarkan :
a.       Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/60/D/106.23/2013 tanggal 18 Maret 2013 tentang Penyelenggaraan Institusional Kejuruan Program Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) I
b.      Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/110/D/106.23/2013 tanggal 03 Mei 2013 tentang Penutupan Pelatihan Institusional Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) I

5.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan Program Institusional Kejuruan Pengelolahan Hasil Pertanian (PHP) I dilaksanakan mulai tanggal 19 Maret 2013 dan berakhir pada tanggal 04 Mei 2013.

6.      Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan berjumlah 16 orang.

7.      Tenaga Instruktur/Pengajar
Tenaga instruktur/pengajar berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati

8.      Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan program Institusional Kejuruan Pngelolahan Hasil Pertanian (PHP) I di Unit Pelaksanaan Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini dilihat dari antusias peserta selama pelatihan dan kehadiran peserta.




9.      Penutup
Demikian Laporan ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.



Malang, 03 Mei 2013
Kepala Unit Pelaksana Teknis
Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan
Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati



Drs. SUHARTYO, MM
                 Pembina Tk. I
      NIP. 19630104 198203 1 002














SURAT KEPUTUSAN
KEPALA UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
NOMOR : 188 / 60/ D / 106.23 / 2013
TANGGAL      : 18 MARET 2013
TENTANG
PENYELENGGARAAN PELATIHAN INSTITUSIONAL
KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PHP) I
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

MENIMBANG:
  1. Bahwa dalam rangka penyiapan tenaga kerja terampil dan kompeten dibidang PHP sesuai kebutuhan pasar kerja
  2. Bahwa untuk meningkatkan keterampilan masyarakat di kota, kabupaten malang dan sekitarnya.
MENGINGAT:
  1. Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan
  2. Undang-undang Nomor 17 Tahun 2003 Tentang Keuangan Negara
  3. Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 2008 tentang dana dekonsentrasi dan tugas pembantuan
4.      Keputusan Presiden Nomor 42 tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
5.      Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.05/MEN/IV/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : PER.14/MEN/VIII/2008
6.      Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.26/MEN/XII/2008 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Negara Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian
7.      Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor: PER.24/PB/2006 tentang Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian Negarao/Lembaga
8.      Peraturan Daerah Nomor 39 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Daerah Provinsi Jawa Timur
9.      Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 84 tahun 2008 tentang Uraian Tugas Sekretariat, Bidang, Sub Bagian dan Seksi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
10.  Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 122 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
11.  Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 tanggal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013 Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP)

MEMUTUSKAN
MENETAPKAN
PERTAMA      : Menyelenggarakan Pelatihan Institusional Kejuruan Pengolahan Hasil                  Pertanian (PHP) I diselenggarakan mulai tanggal 19 Maret 2013                               sampai dengan tanggal 04 Mei 2013 di UPT PK PPTKLN                                    WONOJATI
KEDUA           : Peserta pelatihan sebanyak 16 orang selama 240 jam latih @ 45 menit
KETIGA          : Mata latihan yang diberikan :
No
Materi
Jam Latih
I
KELOMPOK DASAR
1
Fisik Mental Disiplin
10 jam latih
2
Ketenagakerjaan
2 jam latih
3
Kewirausahaan
2 jam latih
4
Budaya kerja
2 jam latih
II
KELOMPOK UMUM

1
Menerapkan system prosedur keselamatan dan kesehatan (K3)
4 jam latih
2
Mengimplementasikan prosedur praktik berproduksi yang baik (GMP)
16 jam latih
III
KELOMPOK INTI


Melakukan proses pembuatan roti
92 jam latih

Melakukan proses olahan kedelai
48 jam latih

Melakukan proses olahan buah
32 jam latih

Melakukan proses olahan kripik
32 jam latih
IV
EVALUASI
-

JUMLAH
240 jam latih

KEEMPAT         : Membebankan segala biaya pelaksanaan pelatihan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2013 tangal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013
KELIMA            : Peserta yang lulus pada kegiatan pelatihan akan memperoleh sertifikat
KEENAM          : Keputusan ini berlaku sejak tanggal yang ditetapkan soampai dengan latihan selesai dan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan/kesoalahan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

DITETAPKAN DI MALANG
PADA TANGGAL 18 MARET 2013


Drs. SUHARTYO, MM
Pembina Tk.1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
1.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
2.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
3.      Arsip























SURAT KEPUTUSAN
KEPALA UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
No. 188/110/D/106.23/2013
Tanggal: 04 Mei 2013
TENTANG
PENYELENGGARAAN PELATIHAN INSTITUSIONAL
KEJURUAN PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN (PHP) I
DI UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

MENIMBANG :
  1. Sehubungan dengan berakhirnya pelatihan Institusional Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) I tahun 2013 yang diselenggarakan dari tanggal 19 Maret s.d tanggal 04 Mei 2013 di UPT PK PPTKLN WONOJATI SINGOSARI-MALANG
  2. Telah diselenggarakan ujian Evaluasi pada tangal 04 Mei 2013
MENGINGAT :
Keputusan Kepala UPT Pelatihan Kerja PPTKLN Wonojati Nomor 188 / 60/ D / 106.23 / 2013tanggal 19 Maret 2013
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN:
PERTAMA      : Terhitung mulai tanggal 04 Mei 2013 Pelatihan Institusional Kejuruan               Pengolahan Hasil Pertanian (PHP) I di UPT PK PPTKLN WONOJATI                telah berakhir dan ditutup dengan hasil seperti yang tercantum daftar                         lampiran keputusan ini
KEDUA           : Mencabut keputusan Kepala UPT PKPPTKLN WONOJOATI Nomor                     188/60/D/106.23/2013 tanggal 19 Maret 2013 mengenai                                              Penyelenggaraan Pelatihan Instituosional Kejuruan Pengolahan Hasil                       Pertanian di UPT PK PPTKLN WONOJATI.
KETIGA          : Apabila dikemudian hari ternyata mendapat kekeliruan/kesalahan akan                         diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

          DITETAPKAN DI MALANG
        PADA TANGGAL 04 MEI 2013
KEPADA UPT PK PPTKLN WONOJATI

Drs. SUHARTOYO, MM.
Pembina Tk. 1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
1.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
2.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
3.      Arsip

Tidak ada komentar:

Posting Komentar