Wellcome

Wellcome

Rabu, 03 Desember 2014

EVALUASI PROGRAM DAN LAPORAN PELAKSANAAN PROGRAM PELATIHAN NON INSTITUSIONAL (MTU) KEJURUAN PERTANIAN

Oleh : Rifta Zuni R.N

BAB I
 PENDAHULUAN
1.    Latar Belakang Evaluasi
Berbagai upaya pemberdayaan masyarakat melalui penyelenggaraan program pendidikan nonformal, telah diakukan pemerintah atau masyarakat yang ditujukan pada individu, kelompok, dan/atau masyarakat. Program-program pendidikan nonformal bagi masyarakat  yang ada di masyarakat pada dasarnya dilaksanakan untuk memenuhi keragaman kuantitas dan kualitas kebutuhan masyarakat. Selain juga untuk meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan pasar kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun di luar negeri
Program-program pelatihan yang dikembangkan pemerintah dalam usaha pemberdayaan masyarakat salah satunya adalah melalui UPT Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati (UPT PK PPTKLN) yang berupa program pendidikan kecakapan hidup seperti, pelatihan pertanian, perikanan, pengolahan hasil pertanian, dll.
Dalam pelaksanaan program-program tersebut tentunya terdapat masalah-masalah atau kendala yang perlu di perbaiki agar dalam proses pembelajarannya lancar dan memiliki hasil sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengetahui hal-hal tersebut maka perlu diadakannnya evaluasi dalam masing-masing program tersebut.
Evaluasi ini dilakukan untuk mengkaji permasalahan dalam pelaksanaan program pelatihan pertanian di dalam UPT PK PPTKLN Wonojati secara terintegrasi, yang dibatasi pada masalah : 1) bagaimana efektivitas program pelatihan pertanian dalam UPT PK PPTKLN Wonojati?, 2) bagaimanakah manfaat diadakannya program pelatihan pertanian bagi masyarakat terutama bagi peserta yang mengikuti pelatihan?, 3) bagaimana pengembangan model program pelatihan agar dapat memenuhi kebutuhan para peserta pelatihan?

2.      Tujuan Evaluasi
a.       Tujuan Umum
Tujuan umum diadakannya evaluasi ini untu memperoleh atau mendapatkan data atau informasi mengenai proses dan hasil dari pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan pertanian di UPT PK PPTKLN Wonojati.
b.      Tujuan Khusus
Menilai seberapa besar pengetahuan peserta mengenai program pelatihan pertanian yang telah diikuti.

3.      Aspek-aspek yang di Evaluasi
a.    Unsur Manusia
ü Penyelenggara
-       Partisipasi penyelenggaran program dalam pelaksanaa kegiatan pengembangan kecakapan hidup melalui program pelatihan pertanian.
ü Peserta Kegiatan
-       Partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan program pelatihan pertanian
-       Respon warga belajar terhadap pelaksanaan program pelatihan pertanian
-       Pengetahuan peserta pelatihan mengenai materi dan praktik yang yang di ajarkan

b.    Unsur Kurikulum dan Materi
Apakah kurikulum  dan materi yang di ajarkan sudah sesuai dengan kebutuhan peserta pelatihan dan sesuai dengan kejuruan program pelatihan yang dilaksanakan














BAB II
METODE EVALUASI

A.       Rancangan Evaluasi
        Metode merupakan cara-cara yang dipakai oleh peneliti dalam mendekati objeknya, atau sasaran yang ingin diteliti. Metode berkenaan dengan prosedur yang dijalani dalam mengembangkan ilmu pengetahuan mengenai suatu hal tertentu mengenai konsep-konsep logikanya, prosedur penelitiannya, menghubungkan teori dengan kondisi empiris di lapangan, termasuk teknik penelitian, pengumpulan dan pengolahan datanya (Musyi Amal Pagiling, 1986: 10).
Evaluasi akan menjadi obyektif dan mempunyai nilai ilmiah apabila menggunakan metode yang tepat. Pemilihan metode didasarkan atas pertimbangan kesesuaian dengan obyek yang akan dievaluasi. Memilih pendekatan tertentu dalam kegiatan penelitian harus disadari bahwa ia memiliki konsekuensi tersendiri sebagai sebuah proses yang harus diikuti secara konsisten dari awal hingga akhir agar memperoleh hasil yang maksimal dan bernilai ilmiah sesuai dengan kapasitas, daya jangkau, dan maksud dari pendekatan tersebut (Burhan Bungin, 2003:18). Evaluasi dilakukan untuk mengungkapkan seberapa berhasilkah program pelatihan pertanian yang telah dilaksanakan di desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Batu. Evaluasi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Alasan digunakannya pendekatan ini didasarkan atas pertimbangan bahwa eavluator ingin mengemukakan tentang peranan atau partisipasi masyarakat mengenai program pelatihan pertanian yang telah dilaksanakan serta untuk mengetahui seberapa berhasilkah program pelatihan tersebut.
       Jenis metode yang digunakan dalam evaluasi ini adalah studi kasus. Menurut Creswell (dalam Djauzi Moedzakir, 2010:169) metode studi kasus diartikan sebagai sebuah eksplorasi tentang sebuah sistem yang terbatas dari sebuah ataupun beberapa kasus melalui pengumpulan data yang rinci dan mendalam dan mencangkup multi sumber informasi yang kaya dengan konteks. Sistem terbatas ini dibatasi oleh waktu dan tempat. Substansi kasus itu sendiri berupa program, peristiwa, proses (kegiatan), ataupun kelompok individu. Jenis penelitian studi kasus ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi tentang program pelatihan pertanian yang diadakan oleh UPT PK PPTKLN Wonojati di desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Batu.

B.       Populasi dan Sampel
1.    Populasi
Evaluasi pada program pelatihan pertanian ini adalah para peserta program pertanian untuk mengetahui tingkat keberhasilan hasil dari proses pelatihan. Populasi selanjutnya yaitu narasumber (instruktur) dan pengelola program, apakah sudah sesuai dengan tujuan dan rencana pelaksanaan program
2.    Sampel
Pada evaluasi ini tidak mengguanakan sampel, karena semua peserta diharuskan turut serta dalam proses evaluasi program pelatihan pertanian.

C.       Teknik Pengumpulan Data
1.    Wawancara
Salah satu metode yang digunakan untuk menggali pandangan stakeholder, khususnya tutor atau instruktur dan pengelola program pelatihan pertanian adalah metode wawncara. Untuk menjawab pertanyaan evaluasi yang menyangkut stakholder tertentu, akan dilakukan wawancara terpadu terhadap perwakilan stakholder.
2.    Observasi Lapangan
-       Observasi instruktur yang memberikan materi maupun praktik dalam program pelatihan pertanian
-       Observasi partisipasi peserta pelatian dalam mengikuti kegiatan pelatihan pertanian

D.       Teknik Analisis Data
Untuk memperoleh kebenaran, evaluasi ini menggunakan teknik triangulasi. Menurut Patton, triangulasi data berarti membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif (Moleong, 1990: 178). Triangulasi data dari evaluasi  ini diperoleh dengan melakukan cross-check informasi antara informan yang satu dengan informan yang lain. Adapun dari beberapa macam teknik triangulasi, maka pada penelitian ini yang akan digunakan adalah teknik triangulasi sumber.
Triangulasi sumber adalah teknik yang digunakan dengan cara membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif.
Triangulasi sumber ini dapat dilakukan dengan beberapa jalan, yaitu :
a.    Membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara.
b.    Membandingkan apa yang dikatakan orang di depan umum dengan apa yang dikatakan secara pribadi.
c.    Membandingkan apa yang dikatakan orang-orang tentang situasi penelitian dengan apa yang dikatakannya sepanjang waktu.
d.   Membandingkan keadaan dan prespektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, seperti rakyat biasa, orang yang berpendidikan menengah atau tinggi, orang berada, dan orang pemerintahan.
e.    Membandingkan hasil wawancara dengan isi dokumen yang berkaitan.

Dari kelima jalan dalam proses triangulasi sumber tersebut, maka pada evaluasi ini akan digunakan jalan dengan membandingkan (1) hasil wawancara dengan hasil pengamatan, (2) perspektif berbagai stakeholder (peserta kegiatan, instruktur dan pengelola), dan (3) hasil wawancara dengan dokumen yang berkaitan (hasil keiatan program).

E.       Pengembangan Instrumen
Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan program yaitu dengan 2 instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen non test. Instrumen evaluasi test biasanya dilakukan dengan memberikan tes tertulis, tes lisan ( tanya jawab secara langsung ), dan tes perbuatan / tes praktik kepada peserta pelatihan pertanian. Sedangkan tes evaluasi non test biasanya dilakukan dengan wawancara kepada peserta wawancara, dengan observasi atau dengan memberikan angket kepada peserta pelatihan sebagai alat penilaian.









DAFTAR RUJUKAN

Khamil, Mustafa. 2010. Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi). Bandung: Alfabeta.
Kartika, Ikka. 2009. Mengelola Pelatihan Partisipasi. Bandung: Nusantara Press.
Marzuki, M.S. 1992. Strategi dan Model Pelatihan. Malang : IKIP Malang.
Sumantri, S. 2000. Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Fakultas Psikologi Unpad.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 102 dan 103 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Nonformal.
Cece. 2004. Paket Praktis Agribisnis Tanaman Cabai Hibrida Sisem Mulsa Plastik. Malang: UPT PK PPTKLN Wonojati














Lampiran-lampiran
Profil Program
PELATIHAHAN NON INSTITUSONAL (MTU) KEJURUAN PERTANIAN
1.      Latar Belakang Program
Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga kerja merupakan masalah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekolh dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah pengangguran terbesar yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun diluar negeri dan peluang untuk usaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

2.      Tujuan Program
Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk membrikan keterampilan dibidang pertanian. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan. Selain itu peserta juga diharapkan mampu melakukan beberapa hal sebagai berikut :
a.       Mampu membudidayakan tanaman secara organik / konvensional
b.      Mampu membudidayakan buah-buahan, palawija, dan padi
c.       Mampu melaksanakan teknologi pupuk organik maupun pestisida alamiah
d.      Mampu membudidayakan kopi, coklat, karet, sawit, tebu, dan tembakau
e.       Mampu membudidayakan  berbagai jamur konsumsi

3.      Materi Program
a.       Kelompok Dasar
-       Pengantar Agrobisnis, waktu pembelajaran 4 jam latih
-       Pengantar budidayaa tanaman toga, waktu pembelajaran 6 jam latih
-       Pengantar budidaya tanaman sayuran, waktu pembelajaran 6 jam latih
b.      Kelompok Inti
-       Teknik budidaya tanaman sayuran, waktu pembelajaran 90 jam latih
-       Teknik budidaya tanaman toga, waktu pembelajaran 50 jam latih
-       Pembuatan pupuk dan pestisida organik, waktu pembelajaran 70 jam latih
c.       Kelompok Penunjang
-       Kewirausahaan, waktu pelaksanaan 8 jam latih
d.      Evaluasi, waktu pelaksanaan 6 jam latih

4.      Peserta / Client
Jumlah peserta latihan sebanyak 16 orang. Terdiri dari 13 peserta  laki-laki dan 3 peserta perempuan. Dngan keterangan sebagai berikut :
-       Lulusan SD : 3 Orang (laki-laki)
-       Lulusan SLTP : 1 Orang (laki-laki)
-       Lulusan SLTA : 7 Orang (laki-laki) dan 2 Orang perempuan
-       Lulusan D1 : 1 Orang (perempuan)
-       Lulusan S1 : 1 Orang (laki-laki)

5.      Narasumber Program
Narasumber dalam program pelatihan non institusional kejuruan ini adalah Bapak Widiyanto, SP dan Bapak Akhyat, STP selaku instruktur dari UPT Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati, Malang.

6.      Jadwal Program
Lama setiap pertemuan pada pelatihan pertanian ini adalah 45 menit jam latih per harinya yaitu dimulai dari mata latihan kelompok umum (pengantar agribisnis 4 jam latih teori, pengantar budidaya tanman toga 6 jam latih teori, pengantar budidaya sayuran 6 jam latih teori), kemudian dilanjutkan mata latihan kelompok inti ( teknik budidaya tanaman sayuran 12 jam latih untuk teori dan 78 jam latih untuk praktek, teknik budidaya tanaman toga 8 jam latih untuk teori dan 42 jam latih untuk praktek, pembuatan pupuk dan pestisida organik 10 jam latih untuk teori dan 60 jam latih untuk praktek), selanjutnya kelompok khusus (kewirausahaan 8 jam latih teori), dan yang terakhir adalah evaluasi denga 6 jam latih. Jadi jumlah keseluruhan yaitu 240 jam dan dilaksanakan selama 7 minggu.
7.      Struktur Organisasi
Berdasarkan Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor : 122 tahun 2008 tanggal 25 Agustus
1.      Kepala UPTPK PPTKLN Wonojati                     : Hadi Mulyono, SH. MM
: Pembina Tk. 1
:NIP. 19581923 198603 1 013
2.      Kepala Sub Bagian Tata Usaha                            : Ir. Dwiaji Haryono, M. Si
: Pembina
: NIP. 19690420 199303 1 008
3.      Kepala Seksi Pelatihan & Sertifikasi                    : Kusmartono
: Pembina
: NIP. 19600414 198503 1 018

4.      Koordinator Kelompok Instruktur                        : Among Sasomo, SP,M. Agr
: Pembina
: NIP. 19630105 198603 1 013
5.      Kepala Seksi Pengembangan dan Pemasaran       : Ir. Tri Permestani
: Penata Tk. 1
: NIP. 19580321 198703 2 003
6.      Ketua Jurusan Pertanian                                       : Cece, SP. MP
: Pembina Tk. 1
: NIP. 19650521 198503 1 006
7.      Ketua Jurusan Mekanisme Pertanian                    : Hento Hariyadi
: Penata
: NIP. 19610519 198603 1 008










LAPORAN
PELAKSANAAN PELATIHAN NON INSTITUSIONAL (MTU)
KEJURUAN PERTANIAN
DI DESA SUMBERREJO KEC. BATU
KOTA BATU
ANGGARAN APBD TAHUN 2013


INSTRUKTUR :
1.      Widayanto, SP                        NIP. 19600729 198203 1 006
2.      Akhyat, STP               NIP. 19590208 198603 1 015

PEMERINTAH PROVINSI JAWA TIMUR
DINAS TENAGA KERJA TRANSMIGRASI DAN KEPENDUDUKAN
UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
Jl. Raya Mondoroko No. 1 Telp. (0341) 458951 Fax. (0341) 456395
SINGOSARI – MALANG 65153
LAPORAN AKHIR KEGIATAN PELATIHAN KETRAMPILAN
A.    DASAR :
1.      SK Penyelenggara Latihan           : No. 188/141/106.23/2013 TGL. 19-05-2013
2.      BA. Penutupan Latihan    : No. 188/186/106.23/2013 TGL. 05-07-2013
B.     PROGRAM LATIHAN :
1.      Kejuruan               : PERTANIAN
2.      Jenis Latihan         : NON INSTITUSIONAL
3.      Tempat Latihan     : DESA SUMBERREJO BATU
4.      Anggaran              : APBD TAHUN 2013
5.      Waktu Latihan      : 20 MEI s/d 6 JULI 2013
6.      Jumlah Jam Latih  : 240 JAM LATIH
C.     PESERTA LATIHAN :
Jumlah peserta latihan sebanyak 16 orang yang terdiri dari 13 laki-laki dan 3 perempuan dengan rincian sebagai berikut :
-          SD             : 4 Orang (laki-laki)                -   SLTP           : 1 Orang (laki-laki)
-          SLTA         : 7 Orang (laki-laki) dan 2 Orang (perempuan)
-          D-1                        : 1 Orang (perempuan)                       -   S-1  : 1 Orang (laki-laki)
D.    TENAGA PENGAJAR/PELATIH :
Terdiri dari :
1.      WIDIYANTO, SP  dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
2.      AKHYAT, STP       dari UPT. PKPPTKLN WONOJATI
E.     KEHADIRAN DAN EVALUASI PESERTA :
1.      Selam mengikuti pelatihan, para peserta telah hadir 100%
2.      Evaluasi dilaksanakan pada tanggal 4 Juli 2013
3.      Yang dinyatakan lulus sebanyak 16 orang (peserta lulus keseluruhan)
4.      Predikat : (1) UNTUNG KARIONO       baik
            (2) SUKIRMAN                     baik
a. Sangat Baik : - Orang
b. Baik             : 16 Orang
c. Cukup          : - Orang
d. Sedang        : - Orang
e. Kurang        : - Orang
F.      BAHAN DAN HASIL LATIHAN
1.      Bahan latihan yang digunakan telah habis (keadaan bahan habis, dibuat berita acara)
2.      Hasila laporan (tercantum dalam lampiran BA)
G.    HAMBATAN-HAMBATAN                        : (MENYESUAIKAN KONDISI)
H.    PEMECAHAN                                   : (MENYESUAIKAN KONDISI)



























LAPORAAN PELAKSANAAN PELATIHAN PROGRAM NON INSTITUSIONAL (MTU)
KEJURUAN PERTANIAN
DI DESA SUMBERREJO KEC. BUMIAJI KOTA BATU
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

1.      Latar Belakang Program
Rendahnya kualitas dan produktivitas tenaga erja merupakan masalah yang harus segera mendapat perhatian. Hal ini disebabkan rendahnya tingkat pendidikan angkatan kerja yang sebagian besar didominasi dari lulusan sekolh dasar dan sekolah menengah pertama, yang merupakan jumlah pengangguran terbesar yang perlu mendapat perhatian khusus, terutama dalam rangka meningkatkan keterampilan melalui pelatihan kerja, sehingga mereka dapat mengisi kesempatan kerja baik di dalam maupun diluar negeri dan peluang untuk usaha mandiri. Penanggulangan pengangguran merupakan tanggung jawab semua pihak baik pemerintah, dunia usaha, maupun masyarakat. Salah satu bentuk upaya untuk mengatasi pengangguran adalah melalui pelatihan kerja yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

2.      Tugas Pokok dan Fungsi UPT PK PPTKLN Wonojati-Malang
UPT Pelatihan Kerja mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dinas dalam pelatihan keterampilan, pengetahuan, dan ketatausahaan serta pelayanan masyarakat. Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, UPT Pelatihan Kerja mempunyai fungsi :
a.       Penyusunan rencana dan pelaksanaan kegiatan pelatihan serta kerjasama pelatihan
b.      Pelayanan dan penyebar luasan informasi bidang pelatihan
c.       Penyiapan metode, kurikulum, jadwal, dan alat peraga pelatihan
d.      Pelaksanaan pemasaran program pelatihan hasil produksi dan jasa
e.       Pelaksanaan pelatihan dan uji keterampilan/kompetensi dan sertifikat tenaga kerja
f.       Pendayagunaan fasilitas pelatihan
g.      Pelaksanaan ketatausahaan dan pelayanan masyarakat

3.      Maksud dan Tujuan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan ini dimaksudkan untuk membErikan keterampilan dibidang pertanian. Sedangkan tujuan dari pelatihan ini adalah agar peserta pelatihan dapat melakukan usaha mandiri maupun kelompok serta mengisi lowongan pekerjaan di perusahaan.

4.      Dasar Pelaksanaan Kegiatan
Adapun pelaksanaan kegiatan pelatihan program Non Institusional (MTU) tersebut di atas berdasarkan :
a.       Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/141/D/106.23/2013 tanggal 19 Mei 2013 tentang Penyelenggaraan Pelatihan Non Institusional (MTU) Kejuruan Pertanian
b.      Surat Keputusan Kepala UPT PK PPTKLN WONOJATI – MALANG
Nomor : 188/186/D/106.23/2013 tanggal 05 Juli 2013 tentang Penutupan Pelatihan Non Institusional (MTU) Kejuruan pertanian

5.      Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan Program Non Institusional (MTU) Kejuruan Pertanian dilaksanakan mulai tanggal 20 Mei 2013 dan berakhir pada tanggal 06 Juli 2013. Sedangkan pelatihannya dilaksanakan di Desa Sumberrejo Batu.

6.      Peserta Pelatihan
Peserta pelatihan berjumlah 16 orang. Terdiri dari 13 laki-laki dan 3 perempuan

7.      Tenaga Instruktur/Pengajar
Tenaga instruktur/pengajar berasal dari Unit Pelaksana Teknis Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati

8.      Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan
Pelaksanaan kegiatan pelatihan program Non Institusional (MTU) Kejuruan Pertanian di Desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Kota Batu berjalan dengan tertib dan lancar. Hal ini dilihat dari antusias peserta selama pelatihan dan kehadiran peserta.

9.      Penutup
Demikian Laporan ini dibuat untuk diketahui dan dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 06 Juli 2013
Kepala Unit Pelaksana Teknis
Pelatihan Kerja Pertanian dan Pengembangan
Tenaga Kerja Luar Negeri Wonojati


Drs. Suhartyo, MM
     Pembina Tk. 1
     NIP. 19630104 198203 1 002
























SURAT KEPUTUSAN
KEPALA UPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENGEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
NOMOR : 188/141/D/106.23/2013
TANGGAL : 19 Mei 2013

TENTANG

PENYELENGGARAAN PELATIHAN NON INSTITUSIONAL (MTU)
KEJURUAN PERTANIAN
DI DESA SUMBERREJO KEC. BUMIAJI KOTA BATU
ANGGARAN APBD TAHUN 2013

MENIMBANG :                        
a.     Bahwa dalam rangka penyiapan tenaga kerja terampil dan kompeten dibidang Pertanian sesuai kebutuhan pasar kerja
b.    Bahwa untuk meningkatkan keterampiln masyarakat di kota, kabupaten Malang dan sekitarnya
MENGINGAT :
1.    Undang-undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan
2.    Undang-undang Nomor 17 tahun       2003 tantang Keuangan Negara
3.    Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 2008 tentang Dana Dekonsentrasi dan Tugas Pembantuan
4.    Keputusan Presiden Nomor 42 tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
5.    Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.05/MEN/IV/2007 tentang Organisasi dan Tata Kerja Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor : PER.14O/MEN/VIII/2008
6.    Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor: PER.26/MEN/XII/2008 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Negara Bidang Ketenagakerjaan dan Ketransmigrasian
7.    Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor: PER.24/PB/2006 tentang Pelaksanaan Penyusunan Laporan Keuangan Kementrian Negarao/Lembaga
8.    Peraturan Daerah Nomor 39 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Daerah Provinsi Jawa Timur
9.    Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 84 tahun 2008 tentang Uraian Tugas Sekretariat, Bidang, Sub Bagian dan Seksi Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
10.                        Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 122 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur
11.                        Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2013 tanggal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013 Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan Provinsi Jawa Timur Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja dan Produktivitas (PKTKP)

MENETAPKAN
PERTAMA          : Menyelenggarakan Pelatihan Non Institusional (MTU) Kejuruan Pertanian diselenggarakan mulai tanggal 20 Mei 2013 sampai dengan tanggal 06 Juli 2013 di Desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Kota Batu
KEDUA               : Peserta pelatihan sebanyak 16 orang selama 240 jam latih @ 45 menit
KETIGA              : Mata latihan yang diberikan :

No
Materi
Jam Latih

Kelompok Dasar
1
Pengantar Agribisnis
4 jam latih
2
Pengantar Budidaya Tanaman Toga
6 jam latih
3
Pengantar Budidaya Tanaman Sayuran
6 jam latih

Kelompok Inti
1
Teknik Budidaya Tanaman Soayuran
90 jam latih
2
Teknik Budidaya Tanaman Toga
50 jam latih
3
Pembuatan Pupuk dan Pestisida Organik
70 jam latih

Kelompok Penunjang
1
kewirausahaan
8 jam latih

Evaluasi
6 jam latih

Jumlah
240 jam
KEEMPAT        : Membebankan segala biaya pelaksanaan pelatihan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) tahun 2013 tangal 15 Desember 2012 Nomor 914/28/213.2/2013
KELIMA           : Peserta yang lulus pada kegiatan pelatihan akan memperoleh sertifikat
KEENAM         : Keputusan ini berlaku sejak tanggal yang ditetapkan soampai dengan latihan selesai dan apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan/kesoalahan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

      DITETAPKAN DI MALANG
   PADA TANGGAL 19 MEI 2013

Drs. SUHARTYO, MM
Pembina Tk.1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
1.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
2.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
3.      Arsip





SURAT KEPUTUSAN
KEPALAUPT PELATIHAN KERJA PERTANIAN DAN PENEMBANGAN
TENAGA KERJA LUAR NEGERI WONOJATI
Nomor: 188/186/D/106.23/2013
Tanggal: 05 Juli 2013
TENTANG
PENUTUPAN PELATIHAN NN INSTITUSIONOAL (MTU)
OKEJURUAN PERTANIAN
DI DESA SUMBERREJO KEC. BUMIAJI KOTA BATU
ANGGARAN APBD TAHUON 2013

MENIMBANG :
a.     Sehubungan dengan berakhirnya pelatihan Non Institusional (MTU) Kejuruan Pertanian tahun 2013 yang diselenggarakan dari tangal 20 Mei s.d tanggal 06 Jul 2013 di Desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Kota Batu
b.    Telah diselenggarakan ujian Evaluasi pada tangal 06 Juli 2013
MENGINGAT :
Keputusan Kepala UPT Pelatihan Kerja PPTKLN Wonojati Nomor 188/141/D/106.23/2013 tanggal 19 Mei 2013
MEMUTUSKAN
MENETAPKAN:
PERTAMA          : Terhitung mulai tanggal 06 Juli 2013 Latihan Non Instituosional ( MTU) Kejuruan Pertanian di Desa Sumberrejo Kec. Bumiaji Kota Batu telah berakhir dan ditutup dengan hasil seperti yang tercantum daftar lampiran keputusan ini
KEDUA   : Mencabut keputusan Kepala UPT PKPPTKLN WONOJOATI Nomor 188/141/D/106.23/2013 tanggal 19 Mei 1013 mengenai Penyoelenggaroaan Pelatihan Non Instituosional (MTU) Kejuruan Pertanian di Desa Sumberrejo Kec. Buomiaji Kota Batu
KETIGA  : Apabila dikemudian hari ternyata mendapat kekeliruan/kesalahan akan diadakan pembetulan sebagaimana mestinya

          DITETAPKAN DI MALANG
        PADA TANGGAL 05 JULI 2013
KEPADA UPT PK PPTKLN WONOJATI

Drs. SUHARTOYO, MM.
Pembina Tk. 1
NIP. 19630104 198203 1 002

Salinan surat keputusan ini disampaian kepada Yth:
4.      Kepla Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan
5.      Provinsi Jawa Timur di Surabaya
6.      Arsip






LAMPIRAN : SK PENYELENGGARAAN LATIHAN
                        No                   : 188/141/D/106.23/2013
                        Tanggal           : 19 Mei 2013
                        Kejuruan         : Pertanian
                        Anggaran        : APBD tahun 2013
DAFTAR NAMA PESERTA
NO
NAMA
ALAMAT
PENDIDIKAN
1
WAHYUDI
Jl. Indragiri Rt/Rw. 06/08 Sumberrejo Batu
SMA
2
NANIK SETYOWATI
Jl. Indragiri Rt/Rw. 04/07 Sumberrejo Batu
SMA
3
ERMAN SULAIMAN
Jl. Indragiri Gg 15 Rt/Rw. 05/07 Sumberrejo Batu
S-1
4
DIDIK SUWANDANA
Jl. Indragiri Rt/Rw. 04/10 Sumberrejo Batu
SMP
5
EVI YULIANTI
Jl. Indragiri Rt/Rw. 04/10 Sumberrejo Batu
D-1
6
SUYANTO
Jl. Indragiri Rt/Rw. 05/10 Sumberrejo Batu
PAKET C
7
SUKADI
Dusun Sumbersari Rt/Rw. 03/05 Sumberrejo Batu
SMA
8
SLAMET
Jl. Indragiri Rt/Rt. 04/05 Sumberrejo Batu
SD
9
SULIANTO
Jl. Indragiri Gg 15 Rt/Rw. 05/10 Sumberrejo Batu
SMA
10
NANDA MEIDIKA
Jl. indragiriGg 5 Rt/Rw. 02/07 Sumberrejo Batu
SMA
11
A.    KUSNADI
Jl. Pawukir Gg 25 Rt/Rw. 05/04 Sumberrejo Batu
SMA
12
SUPRIYONO
Jl. Indragiri Rt/Rw. 01/04 Sumberrejo Batu
SMA
13
SUKIRMAN
Santrean Rt/Rw. 03/02 Sumberrejo Batu
SD
14
UNTUNG KARIONO
Santrean Rt/Rw. 03/01 Sumberrejo Batu
SMA
15
SUPANDRI
Dusun Sumbersari Rt/Rw. 04/06 Sumberrejo Batu
SD
16
RUJIANTO
Santrean Rt/Rwo. 02/01 Sumberrejo Batu
SD

Malang, 20 Mei 2013
KEPALA UPT. PKPPTKLN WONOJATI

Drs. SUHARTOYO, MM
Pembina Tk.1
NIP. 19630104 198203 1 002










LAMPIRAN : LAPORAN AKHIR KEGIATAN PELATIHAN DI UPT PK PPTKLN
                        WONOJATI – MALANG
                        KEJURUAN  : PERTANIAN
                        PROGRAM    : NON INSTITUSIONAL
ANGGARAN            : APBN TAHUN 2013
NO
URAIAN
ADA
TIDAK ADA
JUMLAH
KETERANGAN
1
SK. Penyelenggaraan pelatihan dan SK Penutupan
ü   
-
2 lembar

2
Daftar nama instruktu
ü   
-
2 lembar

3
Daftar nama peserta pelatihan

-
2 lembar

4
Daftar hadir instruktur
ü   
-
2 lembar

5
Daftar hadir pesrta
ü   
-
2 lembar

6
Daftar nilai akhir peserta pelatihan
ü   
-
2 lembar

7
Daftar peserta akhir pelatihan
ü   
-
2 lembar

8
Daftar identitas peserta pelatihan
ü   
-
2 lembar

9
Program pelatihan dan kurikulum
ü   
-
2 lembar

10
Jadwal pelatihan
ü   
-
2 lembar

11
Daftar bahan pelatihan
ü   
-
2 lembar

12
Laporan mingguan penggunaan bahan latihan
ü   
-
2 lembar

13
Berita acara penggunaan bahan pelatihan
ü   
-
2 lembar

14
Berita acara penyerahan hasil pelatihan
ü   
-
2 lembar

15
Berita acara evaluasi dan daftar hadir
ü   
-
2 lembar

16
Contoh soal dan jawabannya
ü   
-
2 lembar

17
Fotocopy Ijazah pesert/fotocopy KTP
ü   
-
2 lembar

18
Daftar penerimaan sertifikat
ü   
-
2 lembar

19
Fotocopy sertifikat
ü   
-
2 lembar

Malang, 10 Juli 2013
Diterima Oleh                                                             yang melaporkan
Kasie Pelatihan dan Sertifikat                                                penanggung jawab
KUSMARTONO, SP, M.Si                                       WIDAYANTO, SP
NIP. 19600414 098503 1 018                                                NIP. 16600729 198203 1 006
MENGETAHUI
KEPALA UPT PK PPTKLN WONOJATI/
KUASA PENGGUNA ANGGARAN
Drs. SUHARTOYO, MM
Pembina Tk.1
NIP. 19630104 198203 1 002
DAFTAR NILAI PELATIHAN KETERAMPILAN TAHUN 2013
NO
NAMA
MATA LATIHAN
NILAI RATA-RATA
LULUS/TIDAK LULUS
KET.
TEORI
PRAKTEK
1
2
3
1
2
3
1
Wahyudi
72
73
71
62
62
62
216/72
Lulus

2
Nanik S.
70
71
72
62
63
62
213/71
Lulus

3
Erman S.
72
71
73
63
62
62
216/72
Lulus

4
Didik S.
72
74
73
62
62
63
219/73
Lulus

5
Evi Y.
72
73
74
62
62
63
219/73
Lulus
III
6
Suyanto
70
71
72
61
61
62
213/71
lulus

7
Sukadi
72
74
73
63
64
63
219/73
Lulus

8
Slamet
72
71
72
64
62
62
215/71,66
Lulus

9
Sulianto
72
73
72
62
63
63
217/72,33
Lulus

10
Nanda M.
72
71
72
63
62
62
215/71,66
Lulus

11
A.   Kusnadi
72
71
73
63
62
63
216/72
Lulus

12
Supriono
72
74
73
63
62
63
219/73
Lulus

13
Sukirman
74
75
72
68
68
68
221/73,66
Lulus
II
14
Untung K.
75
74
73
69
69
69
222/74
Lulus
I
15
Supandri
72
71
73
64
62
62
216/72
Lulus

16
Rujianto
71
72
73
64
64
62
216/72
Lulus


KETERANGAN MATA LATIHAN                                    MENGETAHUI
1.      Teknik Budidaya Sayuran                  Kepala seksi pelatihan dan sertifikat
2.      Teknik Bd. Tan. Toga                                     KUSMARTONO
3.      Pembuatan Pupuk dan                                    NIP.19600414 198503 1 018
Pestisida Organik

Malang, 10 Juli 2013
Penanggung jawab kelas
WIDAYANTO
NIP. 19600729 198203 1 006

KURIKULUM PELATIHAN
KEJURUAN                          : PERTANIAN
JENIS PELATIHAN             : NON INSTITUSIONAL
JUMLAH JAM                       : 240 JAM
ANGGARAN                                    : APBD TAHUN 2013
LOKASI PELATIHAN         : DESA SUMBERREJO BATU

UNIT KOMPETENSI
JAM LATIH
KET.
TEORI
PRAKTIK
JUMLAH
KELOMPOK UMUM
Pegantar agribisnis
4
-
4
@ jam latih 45 menit
Pengantar Bd Tan. Toga
6
-
6
Pengantar Bd Sayuran
6
-
6
KELOMPOK INTI
Teknik Bd Tan. Sayuran
12
78
90
Teknik Bd Tan. Toga
8
42
50
Pembuatan pupuk & pestisida oragnik
10
60
70
KELOMPOK KHUSUS
Kewirausahaan
8
-
8
EVALUASI
6
-
6




JUMLAH
60
180
240
           
Malang, 20 Mei 2013
Kepala seksi pelatihan dan sertifikasi
KUSMARTONO
NIP. 19600414 198503 1 018
LAPORAN MINGGUAN PENGGUNAN BAHAN LATIHAN
MINGGU KE II (DUA)
TANGGAL 27 MEI s/d 1 JUNI 2013
Hari/tanggal
Mata Latihan
Jenis bahan yang digunakan
jumlah
Jam Latih
T
P
JMLH
Senin 27 Mei
Teknik budidaya tanaman sayuran
-     Cabai kecil
-     Tomat
-     Kol bunga
-     Kobis
-  600 batang
-  500 batang
-  600 batang
-  600 batang
2


4
6
Selasa 28 Mei
Teknik Bd Tanaman Toga
Bibit tanaman toga
50 batang
2
4
6
Rabu 29 Mei
Teknik Bd tanaman sayuran
-     Sawi daging
-     Cabe besar
-    600 batang
-    350 batang
2
4
6
Kamis 30 Mei
Teknik Bd tanaman Toga
polibag
4 kg
2
4
6
Jum’at 31 Mei
-
-
-
-
-
-
Sabtu 1 Juni
Pembuatan pupuk dan pestisida organik
Pupuk 16 16 16
27 kg
-
6
6

Malang, 1 Juni 2013
Penanggung Jawab
WIDAYANTO
NIP. 19600729 198203 1 006
DAFTAR BAHAN PELATIHAN

NO
NAMA BAHAN

MERK/TYPE
UKURAN
VOLUME
KET.
JUMLAH
SATUAN






1
Bibit tanaman toga

50
Batang

2
Cabe besar

350
Batang

3
Sawi daging

600
Batang

4
kobis

600
batang

5
Kol bunga

600
Batang

6
Cabe kecil

600
batang

7
tomat

500
Batang


PUPUK




1
Pupuk 161616

27
Kg

2
Pupuk kandang
Kambing halus
100
Sak

3
Probiotik tanah

50
Liter

4
Mineral 36

10
Pak

5
bioaktivator

25
Liter

6
molase

25
Liter


PESTISIDA




1
Pestisida organik

10
Botol


LAIN-LAIN




1
Plastik uvi

12
Meter

2
Botol plastik
1 Ltr
100
Buah

3
Corong plastik
besar
2
Buah

4
ember

2
Buah

5
Tong plastik
30 Ltr
1
Buah

6
Gayung plastik

5
Buah

7
bekatul

30
Kg

8
Air kelapa

10
liter

9
Botol isi
0,5 Ltr
20
Buah

10
Label steker

20
Buah

11
gembor
plastik
3
Buah

12
Polibag isi 5 Kg

12
Kg

13
Jurigen plastik putih
Isi 20 Ltr
2
Buah

14
Jurigen plastik
Isi 5 Ltr
16
Buah

15
Selang plastik
0,5”
1
Roll

16
Tali rafia

2
Kg

17
bambu

15
Batang




PEJABAT PENGADAAN BARANG
UPT PELATIHAN KERJA PPTKLN WONOJATI
Drs. SETIJO BUDI, M. SI
NIP. 19640828 198903 1 012









CONTOH SOAL TEST
MATERI         : PUPUK DAN PSTISIDA ORGANIK
WAKTU         : 60 MENIT

A.    SOAL PUPUK DAN PEMUPUKAN
1.      Uraikan secara singkat dan jelas bahan dan cara pembuatan pupuk bokasi kotoran ternak?
2.      Uraikan secara singkat dan jelas bahan dan cara pembuatan bioaktivator (EM)?
3.      Uraikan secara sinkat dan jelas bahan dan cara pembiakan bioaktivator?
4.      Uraikan secara singkat dan jelas bahan dan cara pembuatan probiotik tanah?

B.     PESTISID ORAGANIK
1.      Sebutkan bahan dedaunan yang bisa sebagai pestisida organik?
2.      Sebutkan biji-bijian yang bisa sebagai bahan pembuatan pestisida organik?
3.      Sebutkan umbi-umbian yang bisa sebagai bahan pestisida organik?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar